INTERPRETASI QS AS-SAFFAT AYAT 102 KISAH PENYEMBELIHAN ISMAIL OLEH IBRAHIM (PENDEKATAN MA’NA-CUM-MAGHZA)

Muchammad Faz Tazakka, NIM.: 19105030098 (2023) INTERPRETASI QS AS-SAFFAT AYAT 102 KISAH PENYEMBELIHAN ISMAIL OLEH IBRAHIM (PENDEKATAN MA’NA-CUM-MAGHZA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERPRETASI QS AS}-S}A>FFA>T AYAT 102 KISAH PENYEMBELIHAN ISMAIL OLEH IBRAHIM (PENDEKATAN MA’NĀ-CUM-MAGHZĀ))
19105030098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTERPRETASI QS AS}-S}A>FFA>T AYAT 102 KISAH PENYEMBELIHAN ISMAIL OLEH IBRAHIM (PENDEKATAN MA’NĀ-CUM-MAGHZĀ))
19105030098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas QS. as-Saffat ayat 102 mengenai kisah perintah penyembelihan Ismail oleh Ibrahim. Penelitian ini muncul karena penulis ingin mengetahui bagaimana ma’na cum maghza dapat menafsirkan ayat kisah yang biasanya digunakan untuk menafsirkan ayat hukum. Karenanya untuk menjadikan penelitian ini tercapai maka rumusan masalah yang di ambil adalah ingin menganalisis sisi dari al-Ma’na at-Tarikhi dan al-Maghzā at-Tarikhi dalam QS. as-Saffat ayat 102, dan analisis dari al-Maghzā al-Mutaḥarrik al-Mu’asir dalam QS. as-Saffat ayat 102. Penelitian ayat kisah ini menggunakan jenis penelitian library research (kepustakaan) dengan referensi utama seperti Sirah Nabawiyah, tafsir Tartib Nuzul, buku yang berkaitan dengan ma’na cum maghza. Karenanya penulis menganalisis rumusan masalah ini dengan alasan ingin mengetahui pertama, saat Allah menurunkan ayat kisah tersebut bagaimana kondisi sosial nabi Muhammad dan sahabatnya. Kedua, dari kondisi sosial nabi Muhammad tersebut penulis implementasikan untuk di aplikasikan ke masa kini. Ketiga, setidaknya penelitian ini lebih variatif karena dengan ma’na cum maghza sendiri penulis bisa menggali lebih dalam maksud yang terlihat maupun yang tersirat serta tidak berpangku hanya dengan penelitian berbasis ayat hukum. Dalam hal ini bisa dilihat bahwa pendekatan ma'na cum maghza yang tidak abai ketika melihat konteks historis nabi Muhammad dan sahabatnya ini, ternyata dapat membantu penelitian untuk lebih dalam memahami nilai-nilai keagamaan dan moral yang terkandung, serta memberikan inspirasi dan pesan yang dinamis dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. phil. Fadhli Lukman, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Ma’na-Cum-Maghza, Ibrahim, Ismail, Muhammad, As-Saffat 102
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jul 2023 11:40
Last Modified: 12 Jul 2023 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59825

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum