STRATEGI PENGUATAN BUDAYA LOKAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SOPAN SANTUN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 03 ALAI KOTA PADANG

Muhammad Syukri, NIM: 21204081040 (2023) STRATEGI PENGUATAN BUDAYA LOKAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SOPAN SANTUN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 03 ALAI KOTA PADANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGUATAN BUDAYA LOKAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SOPAN SANTUN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 03 ALAI KOTA PADANG)
21204081040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGUATAN BUDAYA LOKAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SOPAN SANTUN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 03 ALAI KOTA PADANG)
21204081040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya karakter sopan santun pada peserta didik Sekolah Dasar Negeri 03 Alai Kota Padang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang: Pertama bagaimana gambaran sopan santun pada Sekolah Dasar Negeri 03 Alai Kota Padang. Kedua, untuk mengetahui bagaimana strategi penguatan budaya lokal berbasis pendidikan karakter sopan santun pada Sekolah Dasar Negeri 03 Alai Kota Padang. Ketiga, untuk mengidentifikasi apa faktor pendukung dan penghambat penguatan budaya lokal berbasis pendidikan karakter sopan santun pada Sekolah Dasar Negeri 03 Alai Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara pengumpulan data (collection data), kondensasi data (data condencation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa dan karyawan sekolah dasar 03 Alai kota padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kondisi sopan santun pada Sekolah Dasar Negeri 03 Alai Kota Padang memiliki kekhasan kearifan lokal masyarakat Padang dalam perspektif beberapa unsur budaya, meliputi unsur bahasa, pengetahuan, organisasi sosial, peralatan hidup dan teknologi, religius dan bidang kesenian. 2) Strategi penguatan budaya lokal berbasis pendidikan karakter sopan santun pada Sekolah Dasar Negeri 03 Alai Kota Padang dilakukan dengan pemberian keteladanan, pembiasaan, komunikasi, nasehat atau teguran, penghargaan (reward) dan hukuman (punishment). 3) Beberapa sikap positif dari guru menjadi faktor pendukung penguatan budaya lokal berbasis pendidikan karakter sopan santun pada Sekolah Dasar Negeri 03 Alai Kota Padang di antaranya adalah: ada sikap ketegasan, adil/tidak pilih kasih, dan konsisten dalam ucapan dan perbuatan. Adapun faktor pendukung penguatan budaya lokal berbasis Pendidikan karakter sopan santun adalah: (a) Komitmen guru dalam menjaga etika berbicara (b) Guru bersikap tegas, (c) Guru Tidak pilih kasih, (d) Guru yang Konsisten dalam ucapan dan perbuatan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: (a) lngkungan keluarga, (b) lingkungan tempat tinggal, (c) lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Shaleh, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Penguatan, Budaya Lokal, Sopan Santun
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Jul 2023 14:31
Last Modified: 12 Jul 2023 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59832

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum