FATWA DI ERA DIGITAL : STRATEGI KOMUNIKASI MAJELIS ULAMA INDONESIA SULAWESI SELATAN DALAM MENDISEMINASIKAN FATWA UANG PANAI’

Ibnu Azka, NIM.: 21200011078 (2023) FATWA DI ERA DIGITAL : STRATEGI KOMUNIKASI MAJELIS ULAMA INDONESIA SULAWESI SELATAN DALAM MENDISEMINASIKAN FATWA UANG PANAI’. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FATWA DI ERA DIGITAL : STRATEGI KOMUNIKASI MAJELIS ULAMA INDONESIA SULAWESI SELATAN DALAM MENDISEMINASIKAN FATWA UANG PANAI’)
21200011078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FATWA DI ERA DIGITAL : STRATEGI KOMUNIKASI MAJELIS ULAMA INDONESIA SULAWESI SELATAN DALAM MENDISEMINASIKAN FATWA UANG PANAI’)
21200011078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman yang muncul dari sebagian orang Bugis–Makassar tentang pengertian mahar dan uang panai’ masih banyak yang keliru. Sehingga banyak memunculkan ketimpangan, uang panai’ menjadi syarat yang melebihi dari posisi uang mahar. Oleh sebab itu, Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan mengeluarkan fatwa uang panai’ untuk menjelaskan bagaimana posisi uang panai’ dalam Islam. Penelitian ini bertujuan mendiskusikan mengenai bagaimana MUI Sulawesi Selatan menggunakan strategi komunikasi dalam mendiseminasikan fatwa tentang uang panai’ di era digital. Pertanyaan utama penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh MUI Sulawesi Selatan dalam mendiseminasikan fatwa uang panai’ dan mengapa MUI Sulawesi Selatan menggunakan media digital untuk mendiseminasikan fatwa uang panai’. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologi deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengurus Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori Difusi-Inovasi Everett Rogers dalam memahami proses penyaluran suatu ide atau gagasan melalui saluran komunikasi dalam sistem sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, MUI Sulsel dalam mendiseminasikan fatwanya menggunakan dua strategi, yaitu konvensional dengan beberapa pendekatan yaitu melalui mimbar khutbah, majelis taklim, warung kopi dan melalui konsolidasi fatwa ke daerah. Strategi kedua melalui media digital yaitu media sosial, massa dan online diantaranya melalui Youtube, Facebook, Instagram, Tiktok, serta berbagai media digital lainnya seperti Website resmi MUI Sulsel, Podcast, MUI TV, serta media online lokal dan nasional. Kedua, Hasil analisis berdasarkan empat elemen Difusi-Inovasi menunjukkan bahwa : Pertama, dari aspek Inovasi, fatwa tentang uang panai’ ditransmisikan ke berbagai sistem digital yang dapat diakses masyarakat secara luas. Kedua, dari aspek Saluran Komunikasi fatwa tentang uang panai’ disampaikan MUI Sulsel melalui komunikasi interpersonal pengurus dan melalui komunikasi massa media lokal, nasional, dan media digital yang dimiliki MUI Sulsel. Ketiga, dari aspek jangka waktu, fatwa tentang uang panai’ yang dikeluarkan MUI tidak memiliki batasan waktu penyebaran, sehingga masyarakat dapat memahami, mempertimbangkan, atau mengabaikan fatwa tersebut secara alami dan berkelanjutan. Keempat, dari aspek sistem sosial, MUI dan pengurusnya secara individu menjadi aktor utama dalam proses interaksi dan diseminasi kepada masyarakat. Dengan demikian, penulis berargumen bahwa MUI Sulsel mampu mengakomodir dua strategi komunikasi dalam mendiseminasikan fatwa uang panai’ di era digital.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Mufid
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi; MUI Sulsel; Uang Panai’; masyarakat Bugis
Subjects: Komunikasi Budaya
Masyarakat Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Kajian Komunikasi dan Masyarakat Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Jul 2023 15:10
Last Modified: 12 Jul 2023 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59838

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum