POTENSI PENERAPAN KONSEP CONSOLIDATION LAW DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI INDONESIA PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH

Arsyad Surya Pradana, NIM.: 19103070016 (2023) POTENSI PENERAPAN KONSEP CONSOLIDATION LAW DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI INDONESIA PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POTENSI PENERAPAN KONSEP CONSOLIDATION LAW DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI INDONESIA PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH)
19103070016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (POTENSI PENERAPAN KONSEP CONSOLIDATION LAW DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI INDONESIA PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH)
19103070016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia sebagai negara yang menganut statutory law (Hukum Tertulis). Implikasi darinya adalah mengalami sebuah permasalahan yang dikenal dengan Hyper Regulation. Penyebabnya adalah adanya inkonsistensi, disharmoni dan over regulation. Akibat yang paling fatal adalah bahwa semakin parah masalah ini maka hukum akan teralienasi dari realitas kemasyaraktan yang ada. Dalam upaya menangani permasalahan ini pemerintah telah mencoba satu metode yang jamak di negara common law, yaitu Omnibus. Dalam penerapannya metode ini acap kali menuai protes dari masyarakat, sehingga penulis mencoba meneliti satu metode lain dalam menangani permasalahan hukum yang ada, yaitu consolidation law. Penelitian ini mencoba menjawab dan mempertanyakan legalitas dan potensi penggunaan metode consolidation law dalam pembentukan peraturan perundang-undangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif yaitu pendekatan yang didasarkan pada prinsip-prinsip hukum, doktrin-doktrin hukum, - asas hukum, peraturan perundang-undangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan (statue approach), pendekatan konseptual (conceptual approach), pendekatan perbandingan (comparative approach). Asal muasal data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan Sumber data sekunder terbagi menjadi bahan hukum primer yaitu UU 12 tahun 2011 beserta perubahannya dan peraturan perundang-undangan terkait dan bahan hukum sekunder yaitu buku, jurnal dan penelitian terdahulu. Sifat penelitian ini adalah deskriptif-analisis. Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapati bahwa potensi penerapan konsep consolidation law dalam pandangan UU 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan telah sesuai dengan semangat yang dibangun didalamnya baik melalui penalaran Filosofis, yaitu adanya proses Penyebarluasan dan Secara Normatif tidak bertentangan dengan UU. Consolidation Law layak untuk diterapkan sebagai Alternatif penyelesaian Hyper regulation dalam pembentukan peraturan Perundang-undangan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Gugun El Guyanie, S.HI., LL.M.
Uncontrolled Keywords: Consolidation Law, Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, Obesitas Hukum
Subjects: Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Jul 2023 13:35
Last Modified: 13 Jul 2023 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59857

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum