MEKANISME PENYALURAN PERMENSOS NO 20 TAHUN 2019 TENTANG PENYALURAN BANTUAN PANGAN NON TUNAI DI KECAMATAN UJUNGPANGKAH, KABUPATEN GRESIK DITINJAU DARI PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH

Lanal Fudala, NIM.: 19103070041 (2023) MEKANISME PENYALURAN PERMENSOS NO 20 TAHUN 2019 TENTANG PENYALURAN BANTUAN PANGAN NON TUNAI DI KECAMATAN UJUNGPANGKAH, KABUPATEN GRESIK DITINJAU DARI PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEKANISME PENYALURAN PERMENSOS NO 20 TAHUN 2019 TENTANG PENYALURAN BANTUAN PANGAN NON TUNAI DI KECAMATAN UJUNGPANGKAH, KABUPATEN GRESIK DITINJAU DARI PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
19103070041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MEKANISME PENYALURAN PERMENSOS NO 20 TAHUN 2019 TENTANG PENYALURAN BANTUAN PANGAN NON TUNAI DI KECAMATAN UJUNGPANGKAH, KABUPATEN GRESIK DITINJAU DARI PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
19103070041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial No. 20 Tahun 2019 merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh kementerian sosial Republik Indonesia untuk mengatur penyaluran bantuan pangan non tunai kepada masyarakat untuk menanggulangi dan menurunkan tingkat kemiskinan yang ada di Indonesia. BPNT sendiri memberikan asupan bahan pangan yang memiliki protein. Penyaluran bahan pangan ini sendiri juga untuk mengurangi praktik korupsi, penyalahgunaan, dan penyimpangan penggunaan bantuan. Adapun point penting yang ada dalam peraturan tersebut berupa mekanisme pendaftaran penerima, jenis bantuan yang disalurkan, prosedur penggunaan kartu non tunai, dan tata cara penyaluran dan penggunaan data penerima. Namun dari pengimplementasian peraturan ini masih banyak kendala ataupun tantangannya seperti kurangnya infrastruktur dan konektivitas di beberapa daerah, penggunaan sistem elektronik yang dimana bagi kaum lansia yang kurang mengerti akan penggunaan kartu elektronik sehingga perlunya ada sosialisasi cara penggunaan atau penarikan pada alat Edc mesin yang digunakan untuk pengambilan data dan pembayaran di berbagai bank. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kebijakan peraturan menteri sosial dalam meningkatkan kesejahteraan sosial dengan mengurangi angka kelaparan dan kemiskinan, serta meningkatkan konsumsi pangan yang lebih sehat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Dan pendekatan yang digunakan adalah yuridis-empiris diartikan sebagai jenis penelitian hukum sosiologis atau bisa disebut penelitian yang dilakukan secara langsung (lapangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa program BPNT memiliki potensi yang signifikan dalam mewujudkan maslahah mursalah. melalui pendekatan non-tunai, program ini memberikan akses lebih mudah dan terjamin bagi penerima manfaat untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka. Selain itu, program ini juga berdampak positif terhadap kesejahteraan sosial dengan mengurangi tingkat kelaparan dan kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Tamtowi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: BPNT; maslahah mursalah; kesejahteraan sosial.
Subjects: Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Jul 2023 13:52
Last Modified: 13 Jul 2023 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59865

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum