TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HAK PEKERJA PEREMPUAN PADA CV. KARYA PURABAYA DI DESA KARANGLO KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Anisah Lativah, NIM.: 19103080088 (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HAK PEKERJA PEREMPUAN PADA CV. KARYA PURABAYA DI DESA KARANGLO KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HAK PEKERJA PEREMPUAN PADA CV. KARYA PURABAYA DI DESA KARANGLO KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS)
19103080088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HAK PEKERJA PEREMPUAN PADA CV. KARYA PURABAYA DI DESA KARANGLO KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS)
19103080088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Rutinitas bekerja dalam Islam sangat dianjurkan. Islam mengangkat nilai tenaga kerja dan memerintahkan manusia bekerja, baik untuk mencapai kehidupan yang layak maupun untuk amal shaleh, karena bekerja itu sendiri bernilai ibadah semata-mata kepada Allah SWT. Sebagaimana juga diatur dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat (2) bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”. Berdasarkan pra-riset penulis, ditemukan fakta yang terjadi di CV. Karya Purabaya bahwa hak-hak pekerja belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan-peraturan yang berlaku. Beberapa hak-hak pekerja yang belum terlaksana yakni berupa waktu kerja, upah, dan perlindungan bagi pekerja perempuan. Berangkat dari pra-riset tersebut, penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap hak pekerja perempuan pada CV. Karya Purabaya di Desa Karanglo Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di CV. Karya Purabaya Desa Karanglo Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Dengan sifat penelitian deskriptif analitik dan pendekatan yuridis-empiris. Kemudian untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer hasil dari wawancara dengan manager HRD CV. Karya Purabaya dan 10 pekerja di CV. Karya Purabaya. Sementara data sekunder berupa buku-buku, jurnal, peraturan perundang-undangan dan wawancara kepada Dinas Tenaga Kerja. Setelah data terkumpul maka penulis menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa hak-hak pekerja di CV. Karya Purabaya memang belum sepenuhnya diterapkan sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Terdapat beberapa hal yang masih belum sesuai dengan Undang- Undang, yaitu upah dan perlindungan bagi pekerja perempuan. Namun dalam hal waktu kerja, CV. Karya Purabaya sudah menerapkan sesuai dengan Undang- Undang yang berlaku. Beberapa faktor yang melatarbelakangi tidak terpenuhinya perlindungan hukum bagi pekerja ialah minimnya pengetahuan pekerja tentang peraturan perundang-undangan sehingga hal tersebut dijadikan alasan bagi perusahaan untuk tidak mematuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan. Kemudian secara maqāṣid asy-syarī’ah, hak-hak pekerja yang diterapkan oleh CV. Karya Purabaya sudah sesuai dengan maqāṣid asy-syarī’ah dalam hal pemeliharaan agama, pemeliharaan jiwa, pemeliharaan keturunan, pemeliharaan akal, dan pemeliharaan harta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Wardatul Fitri, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum; hak-hak pekerja; Maqaṣid asy-syari’ah.
Subjects: Ekonomi Syariah
WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Jul 2023 14:27
Last Modified: 13 Jul 2023 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59870

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum