PUPUK CAIR KOMBINASI CANGKANG TELUR AYAM, KULIT PISANG KEPOK DAN DAUN GAMAL (Gliricidia sepium) SEBAGAI ALTERNATIF NUTRISI HIDROPONIK PADA PERTUMBUHAN SELADA HIJAU (Lactuca sativa L.)

Nurul Hidayah, NIM.: 17106040024 (2023) PUPUK CAIR KOMBINASI CANGKANG TELUR AYAM, KULIT PISANG KEPOK DAN DAUN GAMAL (Gliricidia sepium) SEBAGAI ALTERNATIF NUTRISI HIDROPONIK PADA PERTUMBUHAN SELADA HIJAU (Lactuca sativa L.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PUPUK CAIR KOMBINASI CANGKANG TELUR AYAM, KULIT PISANG KEPOK DAN DAUN GAMAL (Gliricidia sepium) SEBAGAI ALTERNATIF NUTRISI HIDROPONIK PADA PERTUMBUHAN SELADA HIJAU (Lactuca sativa L.))
17106040024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PUPUK CAIR KOMBINASI CANGKANG TELUR AYAM, KULIT PISANG KEPOK DAN DAUN GAMAL (Gliricidia sepium) SEBAGAI ALTERNATIF NUTRISI HIDROPONIK PADA PERTUMBUHAN SELADA HIJAU (Lactuca sativa L.))
17106040024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Cangkang telur ayam, kulit pisang kepok dan daun gamal dapat dijadikan sebagai alternatif pupuk cair hidroponik karena mengandung nutrisi hara yang dapat membantu dalam pertumbuhan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan pupuk cair kombinasi cangkang telur ayam, kulit pisang kepok dan daun gamal serta mengetahui konsentrasi yang berpengaruh terhadap pertumbuhan selada hijau (L. sativa.) menggunakan teknik hidroponik wick system. Parameter yang diukur adalah tinggi tanaman, jumlah daun, panjang akar, berat basah dan berat kering. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap yang terdiri dari 5 perlakuan dan 5 kali ulangan. Konsentrasi pupuk yang digunakan yaitu P0 (kontrol): 100% AB mix, P1: 100% Pupuk cair, P2: 25% pupuk cair + 75% AB mix, P3: 50% pupuk cair + 50% AB mix, dan P4: 75% pupuk cair + 25% AB mix. Metode penelitian berupa data kuantitatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan one way anova melalui aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pupuk cair kombinasi cangkang telur ayam, kulit pisang kepok dan daun gamal berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan selada hijau. Konsentrasi pupuk cair kombinasi cangkang telur, kulit pisang dan daun gamal yang berpengaruh terhadap pertumbuhan selada hijau yaitu pada perlakuan P2 dengan konsentrasi 1: 4 dengan sumber nutrisi 25% pupuk cair + 75% AB mix.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dias Idha Pramesti, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Hidroponik; Pupuk cair; Selada Hijau
Subjects: Biologi
Tanaman
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Jul 2023 12:36
Last Modified: 14 Jul 2023 12:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59885

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum