PEMANFAATAN KARBON AKTIF AMPAS KOPI TERAKTIVASI H3PO4 SEBAGAI ADSORBEN LOGAM PERAK (Ag) PADA VARIASI MASSA DAN WAKTU KONTAK

Mohammad Ahsani Taqwim, NIM.: 19106030011 (2023) PEMANFAATAN KARBON AKTIF AMPAS KOPI TERAKTIVASI H3PO4 SEBAGAI ADSORBEN LOGAM PERAK (Ag) PADA VARIASI MASSA DAN WAKTU KONTAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN KARBON AKTIF AMPAS KOPI TERAKTIVASI H3PO4 SEBAGAI ADSORBEN LOGAM PERAK (Ag) PADA VARIASI MASSA DAN WAKTU KONTAK)
19106030011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN KARBON AKTIF AMPAS KOPI TERAKTIVASI H3PO4 SEBAGAI ADSORBEN LOGAM PERAK (Ag) PADA VARIASI MASSA DAN WAKTU KONTAK)
19106030011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Limbah hasil kegiatan industri kerajinan perak berupa logam berat terlarut dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan manusia maupun lingkungan sehingga diperlukan suatu cara meminimalisir dampak yang ditimbulkan. Penelitian ini menggunakan limbah ampas kopi yang dibuat menjadi karbon aktif untuk mengadsorp logam perak (Ag). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakterisasi adsorben, stabilitas waktu adsorpsi, massa adsorben optimum, jenis isotherm adsorpsi, dan energi bebas adsorpsi (ΔGºAds). Pembuatan karbon aktif dilakukan melalui tiga proses, yaitu dehidrasi menggunakan oven, karbonisasi dengan furnace, dan aktivasi dengan H3PO4. Karakterisasi adsorben dilakukan dengan menggunakan FTIR. Hasil karakterisasi adsorben menunjukkan serapan gugus fungsi yaitu, C-H(Csp3), C=C aromatik, -CH3, dan P=O dari sisa aktivator H3PO4 yang mengalami pergeseran serapan seiring perlakuan adsorben. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa waktu stabil adsorpsi Ag adalah 60 menit dan massa adsorben optimum adalah 1 gram. Jenis isotherm adsorpsi logam Ag adalah isotherm Freudlich dengan persamaan linier y = 0.9084x + 0.6272 dan nilai R2 sebesar 0,9219. Isotherm Freudlich memberikan informasi terkait nilai n (Konstanta eksponen karakteristik parameter intensitas adsorpsi) sebesar 1,1008 dan KF (Konstanta kapasitas adsorpsi Freudlich) sebesar 4,238 L/mg. Nilai energi bebas adsorpsi (ΔGºAds) sebesar -12,395 kJ/mol menunjukkan proses adsorpsi terjadi secara fisika (phisysorptions).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Susy Yunita Prabawati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: karbon aktif ampas kopi; adsorpsi; logam Ag; isoterm adsorpsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Jul 2023 14:23
Last Modified: 14 Jul 2023 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59895

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum