KECENDERUNGAN MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT MENGGUNAKAN SISTEM TRADISIONAL (STUDI DI DESA SIKUNANG KABUPATEN WONOSOBO)

Sulma Sofinatus Sofiatun, S.H., NIM.: 21203011070 (2023) KECENDERUNGAN MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT MENGGUNAKAN SISTEM TRADISIONAL (STUDI DI DESA SIKUNANG KABUPATEN WONOSOBO). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KECENDERUNGAN MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT MENGGUNAKAN SISTEM TRADISIONAL (STUDI DI DESA SIKUNANG KABUPATEN WONOSOBO))
21203011070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KECENDERUNGAN MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT MENGGUNAKAN SISTEM TRADISIONAL (STUDI DI DESA SIKUNANG KABUPATEN WONOSOBO))
21203011070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat Desa Sikunang adalah masyarakat yang mayoritas mata pencaharianya adalah sebagai petani dan merupakan salah satu desa swakarya yang berda di Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan Undang-Undang No 23 tahun 2011 membayar zakat harus melalui lembaga/LAZ, akan tetapi Desa Sikunang membayar zakat cenderung menggunakan sistem tradisional seperti membayar ke mushalla, masjid, TPQ, dan masyarakat setempat yang berhak menerimanya. Ketidak sesuain masyarakat Desa Sikunang yang membayar zakat tidak melalui lembaga, dan cenderung memilih berzakat menggunkan sistem tradisional, hal ini yang mejadi permasalahan dari penelitian tersebut untuk di tinjau dari segi analisis maṣlaḥah mursalah. Bahwasanya masyarakat tidak harus melalui lembaga, karena hukum bisa berubah berdasarkan zaman dan tempat, jadi jika masyarakat berzakat diberikan kepada masyarakat langsung maka akan lebih manfaat/ maṣlaḥah , selain itu juga mereka menjaga sifat kekeluargaan masyarakat yang masih kental, menjaga equilibrium, dan solidaritas yang tinggi terhadap sesama. Penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah yaitu mengapa muzakki warga masyarakat Desa Sikunang Kabupaten Wonosobo lebih cenderung membayar zakat ke mustahik lokal? dan bagaimana analisis maṣlaḥah mursalah tentang kecenderungan muzakki di Desa Sikunang Kabupaten Wonosobo membayar zakat menggunakn sistem tradisional?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research),fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Peneliti menggunakan pendekatan sosiologis yaitu merupakan pendekatan atau suatu metode yang pembahsanya atas suatu objek yang dilandaskan pada masyarakat yang ada pada pembahsan tersebut. Dari penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan, bahwa sistem zakat tradisional yang dilakukan di Desa Sikunang Kabupaten Wonosobo masih sangat mendominasi. Kecenderungan masyarakat memilih menggunakan sistem tradisional merupakan bentuk alasan dari sifat kesolidaritasan masyarakat yang tinggi dan sifat kekeluargaan yang masih kental sehingga masyarakat cenderung membayar zakat menggunakan sistem tradisional. Hasil dari analisis menggunakan maṣlaḥah mursalah adalah maṣlaḥah karena baik menurut akal dan sejalan dengan syarak khususnya untuk kemsalahatan masyarakat sekitar karena dengan membayar zakat secara langsung mampu untuk membantu perekonomian masyarakat. Dianggap rasional jika masyarakat sekitar membayar zakat menggunakan sistem tardisional karena masih mempunyai sifat kekeluargaan yang pekat dan sejalan dengan syarak yang mana masyarakat menjalankan kewajiban membayar zakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Kholid Zulfa, M.Si.
Uncontrolled Keywords: zakat; kecenderungan; maṣlaḥah
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Jul 2023 10:36
Last Modified: 17 Jul 2023 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum