KRITIK MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA: ANALISIS YURIDIS NORMATIF DAN FIQH LINGKUNGAN

Aji Pangestu, NIM.: 17103060007 (2022) KRITIK MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA: ANALISIS YURIDIS NORMATIF DAN FIQH LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KRITIK MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA: ANALISIS YURIDIS NORMATIF DAN FIQH LINGKUNGAN)
17103060007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KRITIK MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA: ANALISIS YURIDIS NORMATIF DAN FIQH LINGKUNGAN)
17103060007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia, tepatnya pada tanggal 14 Januari 2020 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah menggelar aksi peduli lingkungan tanam pohon buah dan perindang sebagai langkah penghijauan di lingkungan kampus. Sedangkan bentuk kepedulian lingkungan tidak hanya ditandai dengan penggelaran aksi penghijauan kampus tetapi juga semestinya diikuti dengan pengelolaan sampah yang baik. Fakta belum adanya pemilah sampah organik dan anorganik dan belum adanya tim khusus yang ditugaskan untuk mengolah sampah menunjukkan bahwa pengelolaan sampah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta masih belum optimal. Berdasarkan hal tersebut penyusun berupaya mengkaji lebih lanjut mengenai bagaimana manajemen lingkungan terhadap pengelolaan sampah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dan Bagaimana analisis yuridis normatif dan fiqh lingkungan terhadap pengelolaan sampah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian gabungan (mixed research) dengan pendekatan yuridis normatif dan fiqh lingkungan. Sedangkan dalam hal pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Mengenai hasil penelitian ini berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa pengelolaan sampah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta masih menggunakan metode konvensional, minimnya jumlah pemilah sampah di lingkungan kampus, ketergantungan terhadap TPA, terjadinya penutupan jalan menuju TPA oleh masyarakat, sehingga menyebabkan penumpukan sampah, kurangnya jumlah truk pengangkut sampah, yang mana pada saat ini hanya ada satu truk, kurangnya tim personil kebersihan sampah, pada saat ini hanya berjumlah sekitar dua puluh dua orang. Menjadi kendala utama dalam pengelolaan sampah, sehingga dapat disimpulkan bahwa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta masih belum memberikan perhatian intens terhadap pengelolaan sampah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hijrian Angga Prihantoro, L.L.M.
Uncontrolled Keywords: sampah; pengelolaan sampah; yuridis normatif; fiqh lingkungan; metode konvensional.
Subjects: Perbandingan Madzhab
Islam dan Lingkungan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:12
Last Modified: 18 Jul 2023 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59919

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum