TELAAH PENAFSIRAN ZAGLUL AL-NAJJAR TENTANG GUNUNG DALAM KITAB TAFSIR AL- AYAT AL-KAUNIYYAH FI AL-QUR’AN AL-KARIM

Widiana Sasi Kirana, NIM.: 16530066 (2023) TELAAH PENAFSIRAN ZAGLUL AL-NAJJAR TENTANG GUNUNG DALAM KITAB TAFSIR AL- AYAT AL-KAUNIYYAH FI AL-QUR’AN AL-KARIM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TELAAH PENAFSIRAN ZAGLUL AL-NAJJAR TENTANG GUNUNG DALAM KITAB TAFSIR AL- AYAT AL-KAUNIYYAH FI AL-QUR’AN AL-KARIM)
16530066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TELAAH PENAFSIRAN ZAGLUL AL-NAJJAR TENTANG GUNUNG DALAM KITAB TAFSIR AL- AYAT AL-KAUNIYYAH FI AL-QUR’AN AL-KARIM)
16530066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Terkait salah satu objek ciptaan Allah yakni gunung sering kali dijumpai di seluruh belahan dunia. Al-Qur’an telah menjelaskan secara terperinci bahwa gunung menjadi salah satu fenomena yang luar biasa untuk diperhatikan oleh manusia. Riset ilmiah modern mengatakan ditemukan akar gunung yang mampu menjadi stabilisator bumi dengan kedalaman mencapai 10 kali tinggi gunung. Salah seorang mufassir modern, yakni Zaglūl al-Najjār mencoba mengungkapkan ayatayat gunung dalam Al-Qur’an melalui penafsiran dengan menggunakan metode maudhu’i. Salah satu penafsiran yang ingin dikaji penulis yakni dalam QS an-Nahl ayat 15. Berangkat dari konteks penelitian, peneliti memfokuskan pada, 1) penafsiran Zaglūl al-Najjār terhadap karakteristik dan peran gunung? 2) Penafsiran Zaglūl al-Najjār terhadap dinamika perkembangan ilmu pengetahuan modern? Zaglūl al-Najjār sebagai ulama kontemporer menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hasil penafsirannya mampu menyesuaikan apa yang dibutuhkan zaman sekarang. Penelitian ini disusun menggunakan pendekatan ilmiah. jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library research), oleh karena itu untuk memperoleh data, penyusun menggunakan metode pustaka. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari karya Zaglūl al-Najjār meliputi data primer yakni; Tafsir al-Āyāt al- Kauniyyah fī Al-Qur’ān al-Karīm. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari artikel, skripsi buku-buku ilmiah, buku karya al-Najjār dalam bentuk lain serta berbagai literatur yang mengupas tentang konsep penciptaan gunung. Hasil dari penelitian ini adalah penafsiran Zaglūl al-Najjār tentang gunung dapat diketahui melalui teks dan konteks Al-Qur’an, indikasi ilmiah serta penjelasan yang dapat diterima oleh akal. Adapun kesesuaian mengenai teori dan relevansi terhadap aspek ilmiah modern dapat ditemukan di dalam QS. an-Nahl ayat 15 yang merujuk kepada dua makna penting yakni jibāl dan rawāsiyā.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ali Imron, S.Th,I. M.S.I
Uncontrolled Keywords: Interpretasi, Gunung, Zaglūl al-Najjār
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Jul 2023 13:07
Last Modified: 18 Jul 2023 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59931

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum