PENINGKATAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN MAHASISWA SEBAGAI CALON GURU PAI MELALUI NGAJI FILSAFAT DR. FAHRUDDIN FAIZ (Studi Pada Mahasiswa PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Lidya Kusuma, NIM.: 18104010021 (2022) PENINGKATAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN MAHASISWA SEBAGAI CALON GURU PAI MELALUI NGAJI FILSAFAT DR. FAHRUDDIN FAIZ (Studi Pada Mahasiswa PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN MAHASISWA SEBAGAI CALON GURU PAI MELALUI NGAJI FILSAFAT DR. FAHRUDDIN FAIZ (Studi Pada Mahasiswa PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
18104010021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN MAHASISWA SEBAGAI CALON GURU PAI MELALUI NGAJI FILSAFAT DR. FAHRUDDIN FAIZ (Studi Pada Mahasiswa PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
18104010021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kebutuhan mahasiswa PAI sebagai calon pendidik di masa depan, yakni menguasai lima kompetensi guru sebagaimana yang tercantum dalam PMA RI nomor 16 tahun 2010, dan diantara kelima kompetensi tersebut, kompetensi kepribadian menjadi yang paling krusial dalam menentukan keberhasilan guru sebagai pendidik. Perguruan tinggi sebagai lembaga pencetak para guru pun lebih banyak menitikberatkan perkembangan mahasiswa pada aspek intelektualitas saja, sementara pembinaan aspek moralitas dan kepribadian mahasiswa kurang mendapatkan perhatian yang memadai. Padahal, mahasiswa PAI juga dituntut untuk memiliki kepribadian yang baik dan mulia, karena ketika sudah resmi menyandang profesi guru, mahasiswa PAI dapat menjadi teladan dan role model terbaik bagi peserta didik. Penelitian ini berangkat dari dua permasalahan, yaitu: (1) bagaimana pelaksanaan peningkatan kompetensi kepribadian mahasiswa sebagai calon guru PAI melalui Ngaji Filsafat Dr. Fahruddin Faiz? (2) bagaimana dampak Ngaji Filsafat Dr. Fahruddin Faiz terhadap kompetensi kepribadian mahasiswa sebagai calon guru PAI? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan psikologi pendidikan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi. Adapun teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman dengan empat tahapan yakni reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan peningkatan kompetensi kepribadian mahasiswa PAI sebagai calon guru melalui Ngaji Filsafat dapat memberikan hasil peningkatan yang cukup signifikan. 2) Dampak Ngaji Filsafat terhadap kompetensi kepribadian mahasiswa terbukti efektif dengan menghasilkan perbedaan antara sebelum dan sesudah mengikuti kajian. Adapun Ngaji Filsafat memberikan dampak peningkatan pada paradigma berpikir maupun terhadap perilaku mahasiswa PAI yang menunjukkan perubahan yang semakin baik, diantaranya: menjadi pribadi yang lebih disiplin terhadap waktu, pribadi yang bertindak sesuai norma, pribadi yang lebih sabar dan dewasa saat menghadapi masalah, pribadi yang lebih open minded, pribadi yang memiliki pengontrolan diri yang baik, pribadi yang berakhlak mulia, pribadi yang mengedepankan rasa kasih sayang, serta memiliki semangat dalam memperbaiki diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Usman, SS. M.Ag
Uncontrolled Keywords: ngaji filsafat; kompetensi kepribadian; Calon Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Jul 2023 14:30
Last Modified: 18 Jul 2023 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59937

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum