PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TAMAN KANAK-KANAK MASYITHOH GUBUKRUBUH I PLAYEN GUNUNGKIDUL

Atikah Fauziyah, NIM.: 18104030079 (2022) PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TAMAN KANAK-KANAK MASYITHOH GUBUKRUBUH I PLAYEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TAMAN KANAK-KANAK MASYITHOH GUBUKRUBUH I PLAYEN GUNUNGKIDUL)
18104030079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TAMAN KANAK-KANAK MASYITHOH GUBUKRUBUH I PLAYEN GUNUNGKIDUL)
18104030079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan anak karena perkembangan kognitif sangat menentukan keberhasilan anak. Kemampuan kognitif dapat diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki anak untuk menangkap sifat, arti, atau keterangan mengenai sesuatu. Guru sebagai tenaga pendidik yang bertanggung jawab pada proses pembelajaran dan pengembangan kognitif anak, perlu memiliki pemahaman yang sangat mendalam tentang perkembangan kognitif pada anak. Di masa pandemi Covid-19, peran guru sangat penting mengingat proses belajar harus dilakukan secara daring. Guru harus benar-benar berupaya semaksimal mungkin agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan. Beberapa peran guru yang sangat "urgent" yaitu: (1) Guru sebagai Fasilitator; Guru memberikan kemudahan-kemudahan kepada peserta didik dalam melaksanakan kegiatan belajar, (2) Guru sebagai Inovator dan Evaluator; Proses belajar yang dilakukan secara online mengharuskan guru untuk menguasai teknologi dan Setelah proses pembelajaran daring dilakukan, guru harus mampu mengevaluasi apa kekurangan dari pembelajaran daring. (3) Guru Sebagai Motivator; Guru tetap memberikan materi atau penugasan terhadap siswa disertai dengan motivasi untuk tetap semangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun dan peran guru dalam pengembangan kognitif anak usia 5-6 tahun, serta faktor pendukung dan penghambatnya di TKM Gubukrubuh I Playen Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan data dengan triangulasi. Hasil penelitian mengenai peran guru dalam pengembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TKM Gubukrubuh I Playen Gunungkidul dapat dikatakan sudah berkembang dengan baik. Peran guru yang dilakukan adalah melalui kegiatan pembelajaran yang memadukan antara berhitung, olahraga, bermain dan bernyanyi. Karena dalam masa pandemi covid-19 maka kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan daring melalui aplikasi WA Group. Faktor pendukung perkembangan anak yaitu adanya dukungan orangtua, guru, lingkungan dan fasilitas, serta tingkat keingintahuan anak dan semangat yang tinggi. Sedangkan faktor penghambat yaitu daya tangkap anak yang bervariasi, tingkat konsentrasi yang berbeda-beda, sinyal internet yang lemah serta boros penggunaan kuota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Suyadi, M.A
Uncontrolled Keywords: peran guru; pengembangan kognitif; anak usia 5-6 tahun
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Jul 2023 14:37
Last Modified: 18 Jul 2023 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59938

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum