PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PERGURUAN PENCAK SILAT NU PAGAR NUSA (Studi Kasus Pemuda Desa Ringinpitu, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri)

Achmad Riza Zakaria, NIM.: 18105040027 (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PERGURUAN PENCAK SILAT NU PAGAR NUSA (Studi Kasus Pemuda Desa Ringinpitu, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PERGURUAN PENCAK SILAT NU PAGAR NUSA (Studi Kasus Pemuda Desa Ringinpitu, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri))
18105040027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PERGURUAN PENCAK SILAT NU PAGAR NUSA (Studi Kasus Pemuda Desa Ringinpitu, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri))
18105040027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang masalah mengenai kurangnya pemahaman keagaman para remaja Desa Ringinpitu Kecamatan Plemahan, dari hal tersebut peneliti melihat dilapangan bahwa penc.ak silat Pagar Nusa berupaya membekali pemahaman atau menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada para remaja desa, oleh sebab itu penelitian ini mengunakan rumusan masalah yang pertama bagaimana Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa melakukan sosialisasi atau rekrutmen kepada para remaja di Desa Ringinpitu? Kedua bagaimana Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada remaja Desa Ringinpitu. Kerangka teori yang digunakan adalah teori sosialisasi sebagai upaya m.engenalkan kepada masyarakat dan internalisasi yang berupaya mengungkap proses pem.binaan tanpa didasarkan paksaan dalam mendalaminya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif sehingga data yang dihasilkan akan berupa narasi, ucapan, dan pola perilaku informan yang dijadikan sampel penelitian. Metode penelitian yang digunakan studi kasus yaitu untuk memahami upaya pencak penanaman nilai-nilai keagaman kepada remaja Desa Ringinpitu serta berbagai faktor yang mempengaruhinya. Kemudian dengan pendekatan fenomenologi penelitian ini akan berusaha untuk mengamati secara lebih mendalam mengenai perubahan pemahaman keagaman bagi remaja. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahapan yaitu reduksi data (mengkategorikan data), pemaparan atau penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa pencak silat Pagar Nusa dalam mensosialisasikan atau rekrutmen dengan menampilkan pertunjukan kesenian pencak silat berupa atraksi debus dan kesenian bertarung, selain itu pencak silat Pagar Nusa memfasilitasi anggota untuk meraih prestasi. Dari hal tersebut bertujuan untuk menarik remaja untuk bergabung kedalam pencak silat Pagar Nusa. Sehingga tujuan dari rekrutmen tersebut ialah media dakwa didalam mensyiarkan agama islam, dimana rem.aja yang bergabung kedalam. Pagar Nusa akan ditanamkan nilai-nilai keagamaan seperti ketauhidan, keislaman, dan ihsan. Sedangkan didalam. Proses penanaman keagamaan lebih berdominan mengenai akhlakul karimah yang berupa: religius, jujur, kerja keras, serta bertagung jawab yang dilakukan dengan cara memberikan nasihat atau motivasi, memberian contoh keteladanan atau suri tauladan, melakukan doa bersama dalam setiap kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nur Afni Khafsoh, M.Sos.
Uncontrolled Keywords: remaja; internalisasi; Pagar Nusa
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Jul 2023 13:44
Last Modified: 20 Jul 2023 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59945

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum