RESEPSI HADIS RUQYAH OLEH PRAKTISI DAN PASIEN (STUDI KASUS RUQYAH SEBAGAI TIBBUN NABAWI di PONDOK PESANTREN REHABILITASI NASHRUN MINALLAH, KRAPYAK WETAN, YOGYAKARTA) (Studi Living Hadis)

Hani Anggita Dewi, NIM.: 18105050029 (2023) RESEPSI HADIS RUQYAH OLEH PRAKTISI DAN PASIEN (STUDI KASUS RUQYAH SEBAGAI TIBBUN NABAWI di PONDOK PESANTREN REHABILITASI NASHRUN MINALLAH, KRAPYAK WETAN, YOGYAKARTA) (Studi Living Hadis). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESEPSI HADIS RUQYAH OLEH PRAKTISI DAN PASIEN (STUDI KASUS RUQYAH SEBAGAI TIBBUN NABAWI di PONDOK PESANTREN REHABILITASI NASHRUN MINALLAH, KRAPYAK WETAN, YOGYAKARTA) (Studi Living Hadis))
18105050029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (RESEPSI HADIS RUQYAH OLEH PRAKTISI DAN PASIEN (STUDI KASUS RUQYAH SEBAGAI TIBBUN NABAWI di PONDOK PESANTREN REHABILITASI NASHRUN MINALLAH, KRAPYAK WETAN, YOGYAKARTA) (Studi Living Hadis))
18105050029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji living hadis dalam resepsi praktik ruqyah sebagai pengobatan tibbun nabawi di Pondok Pesantren Rehabilitasi Nashrun Minallah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang mengambil lokasi di Pondok Pesantren Reahabilitasi Nashrun Minallah yang ada di daerah Krapyak Wetan, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Teori resepsi informatif dan performatif dari Sam D.Gail merupakan pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara kepada informan yaitu terapis, pasien, dan masyarakat sekitar pondok pesantren rehabilitasi Nashrun Minallah, dan melalui observasi pelaksanaan ruqyah di pondok pesantren Nashrun Minallah, sedangkan data sekunder diperoleh melalui berbagai sumber literatur yang berhubungan dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus pembahasan dari penelitian skripsi ini adalah terkait dengan bagaimana praktik ruyah sebagai metode tibbun nabawi yang dilakukan di Pondok Pesantren Rehabilitasi Nashrun Minallah dan bagaimana resepsi praktisi dan pasien terhadap hadis tentang ruqyah. Hasil penelitian dalam penulisan ini yaitu pertama, praktik ruqyah di pondok pesantren Rehabilitasi Nashrun Minallah sebagai bentuk pengobatan yang dilakukan dengan dibacakan ayat-ayat alqur’an dan do’a-do’a yang terdapat di dalam al-ma’tsurat. Pengobatan ini dilakukan langsung oleh Ustadz Yoyok Susetyo dan dibantu oleh beberapa terapis. Terdapat dua macam gangguan penyakit yaitu fisik maupun non fisik. Penyakit non fisik diantaranya yaitu gangguan jin, sihir, penyakit ‘ain (penyakit yang disebabkan oleh penglihatan mata yang menciptakan perasaan iri, dengki, hasad, dan takjub secara berlebihan). Hasil penelitian kedua, praktik yang dilakukan oleh Ustadz Yoyok Susetyo bersumber dari hadis nabi, yaitu hadis riwayat Bukhari no. 2115 dan Muslim no.4077. Makna penggunaan hadis dalam praktik ruqyah jika dikaitkan dengan menggunakan teori resepsi dari Sam D.Gail yaitu teori resepsi informatif, yaitu hadis yang dijadikan landasan praktik ruqyah melalui ijazah dari guru beliau yaitu Ustadz Drs.Ridho Hisyam dan ditransformasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh Ustadz Yoyok. Dalam praktik ruqyah ini resepsi pasien terhadap hadis yang dijadikan sandaran pasien tidak mengetahui tentang hadis tersebut, karena fokus pasien yaitu pada penyembuhan penyakit. Adapun mengenai asal usul ruqyah sebagai pengobatan tibbun nabawi yang dilakukan oleh ustadz Yoyok Susetyo yaitu latar belakang beliau yang ingin melakukan dakwah sesuai ajaran nabi Muhammad SAW, yaitu dakwah melalui pengobatan yang sesuai sunnah nabi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mahatva Yoga Adi Pradana, M.Sos.
Uncontrolled Keywords: Ruqyah; Tibbun Nabawi; Studi Living
Subjects: Hadis
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Jul 2023 13:45
Last Modified: 20 Jul 2023 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59947

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum