PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN JENIS-JENIS ANGGREK DI GUNUNG TILU KUNINGAN JAWA BARAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA/MA

Taufiq Rezaldi, NIM.: 18106080040 (2022) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN JENIS-JENIS ANGGREK DI GUNUNG TILU KUNINGAN JAWA BARAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN JENIS-JENIS ANGGREK DI GUNUNG TILU KUNINGAN JAWA BARAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA/MA)
18106080040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN JENIS-JENIS ANGGREK DI GUNUNG TILU KUNINGAN JAWA BARAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA/MA)
18106080040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui jenis-jenis anggrek di Gunung Tilu, Kuningan, Jawa Barat, dan (2) mengembankan produk buku panduan lapangan anggrek, serta (3) mengetahui kualitas dan kelayakan buku panduan lapangan yang dikembangkan. Penelitian Jenis-Jenis Anggrek di lokasi tersebut, ditemukan sebanyak 20 jenis anggrek yang terdiri dari 13 anggrek epifit dan 7 anggrek terestrial. Jenis-jenis anggrek tersebut berpotensi untuk dikembangkan menjadi sumber belajar dalam materi keanekaragaman hayati. Jenis-jenis anggrek dikemas menjadi media pembelajaran berupa buku panduan lapangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dibatasi pada tahap development. Buku panduan lapangan yang dihasilkan dinilai oleh ahli materi dan ahli media, lima peer reviewer, guru biologi dan peserta didik SMA/MA sebagai responden. Hasil penilaian menurut ahli materi 93,6% (Sangat baik), ahli media 79% (Baik), peer reviewer 93,5 (Sangat baik), Guru Biologi 100% (Sangat baik) dan respon peserta didik 86,6% (Sangat baik). Hasil tersebut memiliki rata-rata 90,6% (Sangat Baik). Berdasarkan penilaian tersebut buku panduan lapangan ini layak untuk digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi peserta didik SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Widodo, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan Lapangan; anggrek; Gunung Tilu
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Jul 2023 13:07
Last Modified: 21 Jul 2023 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59965

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum