EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Nur’Rahmat Agung Wijaya, NIM.: 19104060025 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA)
19104060025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA)
19104060025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) adakah pengaruh model pembelajaran REACT terhadap kemampuan bepikir kritis peserta didik pada materi larutan penyangga, (2) adakah pengaruh model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga, dan (3) keefektifan model pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA semester genap di MAN 2 Bantul tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik cluster random sampling untuk pengambilan sampel dari populasi dan diperoleh sampel kelas XI MIPA 2 berjumlah 27 peserta didik dan XI MIPA 3 berjumlah 21 peserta didik sebagai sampel penelitian. Instrumen pengambilan data menggunakan soal tes, lembar angket skala kemampuan berpikir kritis, dan lembar respon peserta didik. Teknik analisis data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dilakukan dengan uji statistik non-parametrik, yaitu dengan uji Mann-Whitney U-test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran REACT terhadap kemampuan bepikir kritis peserta didik pada materi larutan penyangga dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,047, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, dan (3) model pembelajaran REACT efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga dengan nilai persentase efektivitas 77,25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis; hasil belajar peserta didik; model pembelajaran REACT
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Jul 2023 15:07
Last Modified: 21 Jul 2023 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59977

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum