KONSTRUKSI MAKNA HIJRAH MELALUI KISAH PERJALANAN RELIGIUS SELEBRITIS (Analisis Semiotika pada Tayangan Televisi Hijrah Trans Tv episode “Cerita Berhijrah Oki Setiana Dewi”)

Miftah Fadhil Muragmi, S. sos, NIM.: 19202012014 (2023) KONSTRUKSI MAKNA HIJRAH MELALUI KISAH PERJALANAN RELIGIUS SELEBRITIS (Analisis Semiotika pada Tayangan Televisi Hijrah Trans Tv episode “Cerita Berhijrah Oki Setiana Dewi”). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Konstruksi makna Hijrah melalui kisah perjalanan religius selebritis (Analisis Semiotika pada Tayangan Televisi Hijrah Trans Tv episode “Cerita Berhijrah Oki Setiana Dewi”))
19202012014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Konstruksi makna Hijrah melalui kisah perjalanan religius selebritis (Analisis Semiotika pada Tayangan Televisi Hijrah Trans Tv episode “Cerita Berhijrah Oki Setiana Dewi”))
19202012014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Hijrah merupakan salah satu istilah dalam dunia keIslaman yang telah menjadi fenomena populer di tengah masyarakat. sebagai suatu istilah yang dewasa ini sedang berada dalam arena kontestasi makna, penelitian ini mencoba mengkaji bagaimana tayangan hijrah episode “Cerita berhijrah Oki Setian Dewi” membangun makna hijrah Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1. Bagaimana makna hijrah pada program tayangan Hijrah Trans TV episode “cerita berhijrah Oki Sertiana Dewi” ditinjau dari aspek pemaknaan denotatif dan konotatif, 2. Bagaimana media dalam hal ini Trans TV mengkonstruksi pesan hijrah melalui tayangan hijrah Trans TV episode “Cerita berhijrah Oki Setian Dewi”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi pesan media yang bersifat kualitatif interpretatif. Prosedur penelitian ini digunakan untuk menghasilkan uraian deskriptif yang berupa tulisan, ucapan, serta perilaku-perilaku yang dapat diamati dalam tayangan yang menjadi objek kajian yakni video tayangan Hijrah Trans TV episode “Cerita Berhijrah Oki Setiana Dewi”. Adapun teori utama yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori semiotika Roland Barthes yang berfokus pada analisis tanda secara denotatif dan konotatif dalam membedah makna hijrah pada tayangan Hijrah Trans TV. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1). Makna hijrah dalam tayangan ini secara konotatif mengarah pada perubahan seseorang khususnya perempuan untuk berpakaian sesuai syariat Islam yakni dalam hal ini mengenakan hijab. (2). Telah terjadi penyempitan makna dimana secara denotatif hijrah memiliki arti yang sangat luas yang tidak hanya berkutat pada persoalan berhijab atau tidak berhijab saja tapi juga pada aspek perilaku dan kepribadian seseorang secara menyeluruh. Aspek-aspek kepribadian dalam episode ini tidak begitu menjadi poin penting dalam hijrahnya Oki Setiana Dewi melihat bahwa gambaran anak solehah yang dipahami oleh Oki maupun ibunya ialah ketika seorang perempuan yang tadinya tidak berhijab berubah menjadi berhijab terlepas dari apakah ia telah melakukan hal-hal baik lainnya yang juga selaras dengan ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Siti Syamsiyatun, M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: makna hijrah; Oki Setiana Dewi; Trans TV
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Jul 2023 10:56
Last Modified: 25 Jul 2023 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59994

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum