PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS GOOGLE SITES DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR

Sri Wahyu Lestari, NIM.: 19104050008 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS GOOGLE SITES DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS GOOGLE SITES DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR)
19104050008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS GOOGLE SITES DENGAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR)
19104050008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan bahan ajar berbasis google sites pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar dengan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM), 2) mengetahui kualitas bahan ajar fisika yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru fisika, 3) mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar fisika berbasis google sites yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementasi (implementasi), and Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dibatasi hingga tahap implementasi, yaitu uji coba terbatas. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian dan lembar respon peserta didik. Lembar penilaian bahan ajar untuk ahli materi, ahli media, dan pendidik yang menggunakan skala Likert dalam bentuk checklist. Sedangkan lembar respon peserta didik menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian yang telah dikembangkan berupa bahan ajar google sites pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar dengan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat. Kualitas bahan ajar berdasarkan ahli materi memiliki kriteria baik dengan skor 4,035, penilaian dari ahli media memiliki kualitas sangat baik dengan skor 4,77, dan peilaian pendidik fisika memiliki kualitas sangat baik dengan skor 4,43. Respon peserta didik pada uji terbatas memperoleh respon dengan skor rata-rata 0,87. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berkualitas dan layak digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: peserta didik; fisika; google sites; sains teknologi masyarakat
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Jul 2023 11:11
Last Modified: 28 Feb 2024 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59995

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum