UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK BROKEN HOME DI MTs RAUDHATUL MUTTAQIEN KALASAN YOGYAKARTA

Deni Irawan, NIM.: 20204012053 (2022) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK BROKEN HOME DI MTs RAUDHATUL MUTTAQIEN KALASAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK BROKEN HOME DI MTs RAUDHATUL MUTTAQIEN KALASAN YOGYAKARTA)
20204012053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK BROKEN HOME DI MTs RAUDHATUL MUTTAQIEN KALASAN YOGYAKARTA)
20204012053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Keluarga broken home adalah suatu kondisi di mana terdapat keretakan dalam hubungan rumah tangga, baik yang disebabkan karena kurang harmonisnya hubungan kedua orang tua, terjadinya perceraian atau meninggalnya salah satu dari kedua orang tua sehingga berdampak terhadap peserta didik dalam belajar. Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dari keluarga broken home, diperlukan suatu upaya dan dukungan dari berbagai pihak di sekolah salah satunya guru Akidah Akhlak. Guru Akidah Akhlak memiliki peran penting tidak hanya pada pembentukan prilaku (behavioral) menjadi lebih baik dan penuh kesadaran didasarkan oleh iman dan takwa namun berperan juga dalam menumbuhkan motivasi semangat belajar bagi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih dalam terkait upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik broken home di MTs Raudhatul Muttaqien Kalasan Yogyakarta. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta untuk subjek utama dari penelitian ini adalah 1 orang guru Akidah Akhlak dan 6 orang peserta didik broken home. Untuk teknik analisis data menggunakan tiga teknik yaitu kondensasi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Sedangkan teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) permasalahan peserta didik broken home di MTs Raudhatul Muttaqien Kalasan Yogyakarta terdiri atas tiga aspek yaitu pertama, psychological disorder yaitu berkaitan dengan mental dan psikologi peserta didik. Kedua, academic problem atau permasalahan dalam bidang akademik. Ketiga, behavioral problem atau permasalahan yang berkaitan dengan perilaku menyimpang. (2) Hasil belajar peserta didik broken home di MTs Raudhatul Muttaqien Kalasan Yogyakarta terdiri atas tiga aspek yaitu pertama, aspek kognitif yaitu berkaitan dengan akademik terdapat dua dari enam peserta didik broken home yang memiliki nilai akademik baik. Kedua. aspek afektif yaitu perubahan tingkah laku menjadi lebih baik. Ketiga, aspek psikomotorik berkaitan dengan hasil belajar non akademik. (3) Upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik broken home di antaranya memberikan nasehat, pujian, menumbuhkan minat dan hasrat rasa ingin tahu, mencukupi kebutuhan fisiologi dan pendekatan yang intensif. (4) Faktor pendukung dan penghambat bagi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik broken home di MTs Raudhatul Muttaqien Kalasan Yogyakarta terdiri dari dua faktor yaitu faktor secara internal (berasal dari dalam diri peserta didik) dan faktor eksternal (berasal dari luar diri peserta didik).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; peserta didik; broken home; guru akidah akhlak.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Jul 2023 13:25
Last Modified: 25 Jul 2023 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/59999

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum