PENGEMBANGAN BUDAYA MEMBACA AL-QUR’AN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI. AL-MA’ARIF MERAUKE

Iksan Hamidi, NIM.: 21204011073 (2023) PENGEMBANGAN BUDAYA MEMBACA AL-QUR’AN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI. AL-MA’ARIF MERAUKE. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUDAYA MEMBACA AL-QUR’AN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI. AL-MA’ARIF MERAUKE)
21204011073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUDAYA MEMBACA AL-QUR’AN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI. AL-MA’ARIF MERAUKE)
21204011073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang wajib dibaca dan dipelajari isi kandungannya. Dengan rutin membaca Al-Qur’an dapat memberi efek positif terhadap kesehatan jiwa dan kecerdasan otak. MI Al-Ma'arif Merauke sebagai institusi pendidikan Islam yang memiliki tujuan untuk memberikan pendidikan agama yang berkualitas kepada siswa. Di tengah tantangan dan persaingan dalam dunia pendidikan, perhatian terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di MI Al-Ma'arif Merauke menjadi penting. Hal ini menyoroti perlunya upaya konkret untuk mencapai tujuan tersebut. Budaya membaca Al-Qur'an dipilih sebagai fokus utama karena merupakan aspek sentral dalam pendidikan Islam. Membaca Al-Qur'an bukan hanya sebagai upaya ibadah, tetapi juga dapat menjadi alat untuk meningkatkan pemahaman agama, keterampilan bahasa Arab, serta perkembangan spiritual siswa. Hal ini menggambarkan pentingnya mengembangkan budaya membaca Al-Qur'an di MI Al-Ma'arif Merauke sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pendekatan kualitatif dengan jenis metode studi kasus yang dilakukan di MI Al-Ma’arif Merauke. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi non partistipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan narasumber. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi Pengembangan budaya membaca Al-Qur'an di MI Al-Ma'arif Merauke dilakukan melalui beberapa langkah dan kegiatan berikut: Pendidikan agama Islam, kegiatan rutin, pengajaran Bahasa arab, perlombaan baca al-Qur’an, penggunaan teknologi, pembinaan guru, penglibatan orang tua, (2) Ditegakkannya budaya membaca Al-Qur’an di MI Al-Ma’arif Merauke yaitu karena konsistensi dengan nilai dan tujuan Pendidikan Islam, peningkatan pemahaman agama, pengembangan keterampilan Bahasa arab, peningkatan hubungan spiritual dengan Allah, peningkatan prestasi belajar siswa, (3) Implikasi ditegakkannya pengembangan budaya membaca Al-Qur’an di MI Al-Ma’arif Merauke yaitu peningkatan pemahaman agama, pengembangan keterampilan Bahasa arab, peningkatan prestasi akademik, peningkatan nilai religiusitas, mempertahankan tradisi dan identitas Islam, membangun lingkungan Pendidikan yang inklusif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Budaya Membaca Al-Qur’an; Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Jul 2023 13:39
Last Modified: 25 Jul 2023 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60003

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum