BEST PRACTICE LINGUISTIK ISLAMIC MONTESSORI KINDERGARTEN (STUDI KASUS BUDI MULIA DUA)

Aknes Aulia, NIM.: 21204031012 (2023) BEST PRACTICE LINGUISTIK ISLAMIC MONTESSORI KINDERGARTEN (STUDI KASUS BUDI MULIA DUA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BEST PRACTICE LINGUISTIK ISLAMIC MONTESSORI KINDERGARTEN (STUDI KASUS BUDI MULIA DUA))
21204031012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BEST PRACTICE LINGUISTIK ISLAMIC MONTESSORI KINDERGARTEN (STUDI KASUS BUDI MULIA DUA))
21204031012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Linguistik meliputi kepekaan dalam makna kata, urutan kata, bunyi, ritme, dan intonasi kata yang diucapkan. Perkembangan bahasa sangat penting pada anak usia dini. Karena anak usia tiga, empat, lima tahun memiliki masa perkembangan bahasa yang luar biasa. Kosa kata mereka berkembang, dan struktur semantik dan sintaksis bahasa mereka menjadi lebih kompleks. Perubahan bahasa ini mewakili perkembangan kemampuan kognitif, seiring pertumbuhan anak, mereka menjadi pemikir yang lebih kompleks. Metode Penelitian yaitu menggunakan metode Kualitatif. Sumber data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara penulis lakukan dengan 5 orang guru dan 1 orang kepala sekolah. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan menghimpun, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan data, penulis menggunakan teknik trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implementasi Best Practice Linguistik ialah Montessori learning from language area dimana dengan program Montessori learning from language area dapat meningkatkan linguistik anak usia dini, ada beberapa program atau kegiatan best practice lainnya yang dilakukan guru untuk meningkatkan linguistik pada anak usia dini. Yaitu awal atau opening yang selalu dilakukan setiap pagi dan mengajak anak untuk berpikir kritis dan logis serta berani mengungkapkan pendapat, dan juga kegiatan liberary time yang dilakukan setiap satukali dalam seminggu, guna untuk meningkatkan minat baca pada anak usia dini. 2) Implementasikannya best practice linguistik ini karena Islamic Montessori Kindergarten bebasis bilingual dimana bilingual yang dimaksud ini dua bahasa, inggris dan indonesia. Harapannya dengan adanya bilingual anak dapat menggunakan bahasa asing seperti bahasa inggris tidak hanya dengan bahasa menggunakan ibu saja yakni guna untuk memperkaya dan pembiasaan linguistik anak usia dini. Teori Chomsky Mengemukakan bahwa pemerolehan bahasa pada seseorang atau anak dimulai dari sejak lahir karena dengan dibekali pemerolehan bahasa yang dikenal dengan Language Acquisition Device (LAD), semua anak akan memperoleh bahasa masing-masing sesui porsi dan tahapan perkembangan linguistik anak usia dini. 3) Implikasi best practice membuat anak dapat bertutur kata dengan baik dan benar dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah. Anak juga dapat memahami percakapan dua arah dan mendengaran setiap intruksi yang diberikan oleh guru kepada anak. Anak-anak juga lebih percaya diri untuk tampil dihadapan guru, orang tua dan teman-teman sekelasnya, baik itu dalam acara keseharian maupun dalam pementasan yang diselenggarakan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Na’imah, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Best Practice; Linguistik
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Jul 2023 13:44
Last Modified: 25 Jul 2023 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60004

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum