STRATEGI PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN SISWA DI PERPUSTAKAAN “KARTIKA PUSTAKA” SMKN 1 CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA

Puspita Nurhidayah, NIM.: 18101040032 (2022) STRATEGI PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN SISWA DI PERPUSTAKAAN “KARTIKA PUSTAKA” SMKN 1 CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (STRATEGI PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN SISWA DI PERPUSTAKAAN “KARTIKA PUSTAKA” SMKN 1 CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA)
18101040032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (STRATEGI PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN SISWA DI PERPUSTAKAAN “KARTIKA PUSTAKA” SMKN 1 CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA)
18101040032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Kunjungan Siswa Di Perpustakaan “Kartika Pustaka” Smkn 1 Cangkringan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang telah digunakan dalam promosi perpustakaan untuk meningkatkan kunjungan siswa di Perpustakaan Kartika Pustaka SMKN 1 Cangkirngan dan mengetahui dampak dari strategi promosi terhadap kunjungan siswa. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah Observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan teori Milles dan Huberman (1992) yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data di penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi (metode, sumber, dan waktu), member check. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi promosi di Perpustakaan Kartika Pustaka menggunakan berbagai cara; personal selling/personal service, papan pengumuman, banner (Xbanner), penyebaran daftar buku baru, brosur, lomba, penyuluhan, pameran, media instagram, facebook, dan youtube. Dampak strategi promosi yang dilakukan perpustakaan terhadap kunjungan siswa yaitu, berhasil meningkatkan kunjungan siswa pada tahun 2022 bulan Januari-Oktober mencapai 2717 kunjungan yang didukung oleh promosi menggunakan media sosial. Dengan adanya promosi baik cetak maupun non cetak memberikan perubahan yang berbeda yaitu pengunjung semakin meningkat dan pengetahuan siswa tentang perpustakaan semakin luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nur Riani, M.A.
Uncontrolled Keywords: Strategi promosi, Perpustakaan sekolah, Kunjungan perputakaan
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Perpustakaan > Promosi Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Jul 2023 15:44
Last Modified: 25 Jul 2023 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60007

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum