PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA INDUSTRI MANUFAKTUR YANG MASUK DI JII TAHUN 2007-2010

Nofa Auliyaul Faizah, NIM.: 07390019 (2011) PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA INDUSTRI MANUFAKTUR YANG MASUK DI JII TAHUN 2007-2010. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA INDUSTRI MANUFAKTUR YANG MASUK DI JII TAHUN 2007-2010)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA INDUSTRI MANUFAKTUR YANG MASUK DI JII TAHUN 2007-2010)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada umumnya setiap perusahaan membutuhkan modal kerja untuk membelanjai operasinya sehari-hari. Modal kerja sangat penting bagi perusahaan, perusahaan yang tidak memiliki kecukupan modal kerja akan sangat sulit untuk menjalankan kegiatannya. Makin pendek periode perputaran modal kerja, makin cepat perputarannya sehingga perputaran modal kerja makin tinggi dan perusahaan makin efisien yang pada akhirnya profitabilitas meningkat. Dalam penentuan kebijakan modal kerja yang efisien, perusahaan di hadapkan pada masalah trade-off antara faktor likuiditas dan profitabilitas. Jika perusahaan memutuskan menetapkan modal kerja dalam jumlah yang besar, kemungkinan likuiditas akan terjaga namun kesempatan untuk memperoleh laba akan menurun pada akhirnya profitabilitas juga akan menurun. Selain masalah tersebut perusahaan juga dihadapkan pada masalah penentuan sumber dana. Jika perusahaan menggunakan banyak hutang dibanding modal sendiri maka tingkat leverage akan menurun karena beban bunga yang harus di tanggung juga meningkat. Hal ini akan berdampak terhadap menurunnya profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh perputaran modal kerja, likuditas dan leverage terhadap profitabilitas secara parsial pada industri manufaktur yang masuk di JII tahun 2007-2010. Variabel yang diteliti meliputi perputaran modal kerja, likuiditas (current ratio), leverage (debt ratio) sebagai variabel bebas dan profitabilitas (ROI) sebagai variabel terikat. Alat analisis menggunakan regresi linear berganda. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh industri manufaktur yang masuk di JIItahun 2007-2010, sedangkan sampelnya ada 16 industri manufaktur dalam periode penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian statistik dan analisis pembahasan, secara simultan perputaran modal kerja, likuiditas dan leverage berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan secara parsial hanya likuiditas yang tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Ibnu Qizam, Se, M.Si, Akt 2. Sunarsih, Se, M. Si
Uncontrolled Keywords: Perputaran Modal Kerja, Likuiditas, Leverage, Profitabilitas
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Aug 2023 08:51
Last Modified: 16 Aug 2023 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60061

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum