TINJAUAN ANTROPOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN DANA ZAKAT PRODUKTIF OLEH MUSTAHIK (STUDI MUSTAHIK BINAAN BAZNAS KABUPATEN SLEMAN)

Dwi Fena Waryanti, NIM.: 19103080061 (2023) TINJAUAN ANTROPOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN DANA ZAKAT PRODUKTIF OLEH MUSTAHIK (STUDI MUSTAHIK BINAAN BAZNAS KABUPATEN SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN ANTROPOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN DANA ZAKAT PRODUKTIF OLEH MUSTAHIK (STUDI MUSTAHIK BINAAN BAZNAS KABUPATEN SLEMAN))
19103080061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN ANTROPOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PEMANFAATAN DANA ZAKAT PRODUKTIF OLEH MUSTAHIK (STUDI MUSTAHIK BINAAN BAZNAS KABUPATEN SLEMAN))
19103080061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Zakat produktif adalah model pendistribusian zakat yang dapat membuat mustahik menghasilkan sesuatu secara terus menerus dengan harta zakat yang telah diterimanya. Pemanfaatan dana zakat produktif oleh mustahik merupakan hal yang penting diperhatikan agar dalam pengelolaan dana zakat produktif dapat lebih maksimal dan tepat sasaran. BAZNAS Kabupaten Sleman sebagai suatu badan yang berwenang mengelola zakat memiliki program Sleman Produktif yang mendistribusikan dana zakat secara produktif dalam bentuk modal usaha. Permasalahan muncul ketika pemanfaatan dana zakat produktif oleh mustahik justru cenderung digunakan untuk kebutuhan konsumtif dan tidak didayagunakan. Namun, BAZNAS Kabupaten Sleman tidak memiliki kapasitas untuk menarik kembali dana zakat produktif ataupun memberikan sanksi. BAZNAS Kabupaten Sleman hanya sebatas memberikan peneguran, pengawasan serta pendampingan. Mustahik dalam memanfaatkan dana zakat produktif dapat dipengaruhi oleh nilai-nilai yang mereka pegangi. Nilai-nilai kebaikan tentu akan mempengaruhi pemanfaatan dana zakat produktif menjadi berkembang menghasilkan keuntungan bagi mustahik, sedangkan nilai-nilai kurang baik juga akan mempengaruhi kurang maksimalnya pemanfaatan dana zakat produktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan juga menggunakan penelitian kepustakaan untuk menguatkan kesimpulan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitan kualitatif yang bersifat deskriptif analitis, dengan perspektif zakat produktif dan tinjauan antropologi hukum Islam sebagai pisau analisisnya. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data dianalisis menggunakan tiga alur kegiatan analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang didasarkan pada penilaian seorang penulis terhadap teori yang ada dengan keadaan realita di lapangan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa praktik pemanfaatan dana zakat produktif oleh mustahik binaan BAZNAS Kabupaten Sleman dalam perspektif teori zakat produktif sudah sesuai, tetapi sebagian kecil masih belum memanfaatkan dengan maksimal. Dalam tinjauan antropologi hukum Islam, berbagai nilai yang dipegangi oleh mustahik ditemukan, seperti nilai tanggung jawab, kejujuran, amanah, dan keyakinan akan at-tamli>k dan tidak menjalankan konsep an-Nama> atau an-Nuw>u. Perilaku dan praktik pemanfaatan dana zakat produktif oleh mustahik binaan BAZNAS Kabupaten Sleman ini sesuai dengan nilai-nilai yang dipegangi oleh mustahik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Saifuddin, SHI., MSI
Uncontrolled Keywords: productive zakat; mustahik assisted by BAZNAS Sleman Regency; anthropology of Islamic Law
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Aug 2023 13:55
Last Modified: 22 Aug 2023 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60090

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum