ANALISIS PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH PADA KOPERASI AN-NIKMAH SURYA KOTAGEDE YOGYAKARTA AKIBAT COVID-19 (Studi Peraturan OJK Nomor 29/POJK.03/2019)

Listiana Wahyu Ardani, NIM.: 17103040075 (2023) ANALISIS PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH PADA KOPERASI AN-NIKMAH SURYA KOTAGEDE YOGYAKARTA AKIBAT COVID-19 (Studi Peraturan OJK Nomor 29/POJK.03/2019). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH PADA KOPERASI AN-NIKMAH SURYA KOTAGEDE YOGYAKARTA AKIBAT COVID-19 (Studi Peraturan OJK Nomor 29/POJK.03/2019))
17103040075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH PADA KOPERASI AN-NIKMAH SURYA KOTAGEDE YOGYAKARTA AKIBAT COVID-19 (Studi Peraturan OJK Nomor 29/POJK.03/2019))
17103040075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Koperasi An-Nikmah Surya Kotagede merupakan organisasi yang dibentuk dari beberapa orang yang memiliki tujuan bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Salah satu produk atau jenis usaha yang paling utama di koperasi ialah produk pembiayaan atau dapat disebut dengan pinjaman kredit. Namun setelah munculnya Pandemi Covid-19, pembiayaan bermasalah pada koperasi meningkat drastis. Hal ini menyebabkan menurunnya kualitas dan kinerja koperasi menurun. Angsuran banyak yang terlambat dikarenakan debitur mengalami pemecatan di tempat kerja, usaha dagangan menurun, dan ada yang jatuh sakit. Koperasi selaku kreditur melakukan upaya penyelamatan kredit bermasalah tersebut supaya dana yang telah dikeluarkan oleh kreditur dapat diterima kembali. Ada beberapa upaya penyelamatan kredit bermasalah, salah satunya adalah dengan melakukan restrukturisasi. Koperasi melakukan restrukturisasi kredit sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam Perjanjian Kredit tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dan penelitian kepustakaan (Library Research). Menggabungkan penelitian lapangan atau pada responden dengan penelitian literatur atau pada buku-buku maupun karya ilmiah lainnya. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif, di mana pernyataan tertulis atau lisan dari narasumber dicatat berdasarkan fakta di lapangan. Langkah selanjutnya adalah hasil penelitian, yaitu penjelasan rinci tentang upaya penyelesaian kredit bermasalah yang dilakukan oleh koperasi dan analisis penyelesaian kredit bermasalah oleh Koperasi An-Nikmah akibat Covid-19 (Studi Peraturan OJK Nomor 29/POJK.03/2019). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1) Upaya yang dilakukan oleh Koperasi An-Nikmah dalam mengatasi pembiayaan bermasalah ialah melalui Restrukturisasi Kredit. Koperasi lebih mengutamakan pendekatan secara personal terlebih dahulu terhadap debitur dan menginfokan bahwa angsuran telah jatuh tempo. Apabila debitur bersedia direstrukturisasi, barulah upaya penyelesaian kredit bermasalah dilaksanakan. Penyelesaian pembiayaan bermasalah dilakukan dengan penjadwalan kembali, persyaratan kembali, dan/atau penataan kembali. 2)Penyelesaian pembiayaan bermasalah oleh Koperasi An-Nikmah sudah dilaksanakan sesuai dengan Peraturan OJK Nomor 29/POJK.03/2019. Namun belum menerapkan kewajiban pendaftaran objek jaminan fidusia pada Kantor Pendaftaran Fidusia sesuai dengan Pasal 11 ayat (1) Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia. Selain itu juga belum mendaftarkan objek jaminan hak tanggungan ke Kantor Pertanahan sesuai dengan Pasal 13 ayat (1) Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan atas Tanah Beserta Benda-Benda yang Berkaitan dengan Tanah (UUHT). Meskipun ada yang sudah teratasi dan masih ada pembiayaan bermasalah yang belum dapat terselesaikan, pihak koperasi telah berupaya menyelesaikan permasalahan ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Annisa Dian Arini, M.H.
Uncontrolled Keywords: credit agreement; non-performing loans; restructuring
Subjects: Ekonomi > Koperasi
Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:00
Last Modified: 22 Aug 2023 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60091

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum