TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA LONG DISTANCE MARRIAGE (OLEH SUAMI DARI ISTRI YANG MENJADI TENAGA KERJA WANITA DI DESA PELEM KECAMATAN BUNGKAL KABUPATEN PONOROGO)

Mafirda Rizqi Febrianti, NIM.: 19103050039 (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA LONG DISTANCE MARRIAGE (OLEH SUAMI DARI ISTRI YANG MENJADI TENAGA KERJA WANITA DI DESA PELEM KECAMATAN BUNGKAL KABUPATEN PONOROGO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA LONG DISTANCE MARRIAGE (OLEH SUAMI DARI ISTRI YANG MENJADI TENAGA KERJA WANITA DI DESA PELEM KECAMATAN BUNGKAL KABUPATEN PONOROGO))
19103050039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH PADA LONG DISTANCE MARRIAGE (OLEH SUAMI DARI ISTRI YANG MENJADI TENAGA KERJA WANITA DI DESA PELEM KECAMATAN BUNGKAL KABUPATEN PONOROGO))
19103050039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keluarga sakinah diwujudkan melalui pernikahan yang sesuai dengan dengan prinsip-prinsip syariat Islam dan seluruh anggota keluarga merasakan kedamaian, dan ketentraman. Kehidupan rumah tangga yang sakinah merupakan keinginan dari semua pasangan suami istri, namun untuk mewujudkan itu semua tidaklah mudah. Setiap pasangan akan mengalami masalah dan rintangan masing-masing, seperti halnya suami yang istrinya bekerja sebagai TKW di luar negeri sehingga mereka terpaksa menjalani Long Distance Marriage. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya pembentukan keluarga sakinah pada pasangan Long Distance Marriage oleh suami TKW di Desa Pelem Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo dan untuk menganalisis tinjauan Maqāṣid Syari’ah terhadap upaya pembentukan keluarga sakinah pada pasangan Long Distance Marriage. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field-research), dimana lapangan yang dijadikan objek penelitian adalah di Desa Pelem, Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara 5 dari 15 suami yang menjalani Long Distance Marriage dengan istrinya yang bekerja sebagai TKW dan dokumentasi. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan teknik purposive sampling. Data yang didapat kemudian dianalisis secara kualitatif yang bersifat induktif. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data Menurut Miles & Huberman yaitu menggunakan empat langkah: pengumpulan data, Reduksi data , menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa upaya membentuk keluarga sakinah pada Long Distance Marriage (oleh suami dari istri yang menjadi TKW di Desa Pelem Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo) adalah dengan komunikasi yang teratur dan efektif, menanamkan rasa percaya kepada istri, memahami dan mengerti keadaan dan kondisi istri, keterbukaan, mengingatkan dalam hal ibadah, mengatur uang kiriman istri untuk kebutuhan keluarga, menjaga kesehatan keluarga, memikirkan pendidikan anak. Berdasarkan tinjauan hukum Islam, dengan menggunakan teori Maqāṣid Syari’ah dan pandangan organisasi Muhammadiyah tentang keluarga sakinah, dari 5 responden yang penulis teliti, dapat dikatakan semuanya termasuk keluarga sakinah karena telah memenuhi semua aspek dari kedua teori tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Fatma Amilia, S. Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: keluarga sakinah, Maqāṣid Syari’ah, Muhammadiyah, Long Distance Marriage
Subjects: Hukum Keluarga
Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Aug 2023 14:50
Last Modified: 22 Aug 2023 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60094

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum