PENGELOLAAN ARSIP DOKUMEN CALON JEMAAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2021-2022

Ahmad Pauji, NIM.: 19102040088 (2023) PENGELOLAAN ARSIP DOKUMEN CALON JEMAAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2021-2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN ARSIP DOKUMEN CALON JEMAAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2021-2022)
19102040088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN ARSIP DOKUMEN CALON JEMAAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2021-2022)
19102040088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Setiap pekerjaan dan kegiatan bisnis diperkantoran memerlukan data informasi. Salah satu sumber data adalah arsip. Arsip-arsip tersebut digunakan baik untuk keperluan intern maupun untuk keperluan ekstern. Instansi pemerintah termasuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul sangat perlu menerapkan pengelolaan arsip yang baik, karena manajemen pengelolaan arsip mencakup proses penyusunan, penyimpanan, serta pemusnahan dokumen-dokumen termasuk arsip calon jamaah haji yang di gunakan dalam jangka waktu yang lama. Kementerian Agama sebagai penyelenggara ibadah haji bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan ibadah haji, termasuk dokumen pendaftaran calon jemaah haji telah berinovasi dengan adanya E-Arsip untuk mengatasi dokumen pendaftaran calon jemaah haji yang semakin banyak. Namun dari empat kabupaten yang ada di Yogyakrata, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul salah satu yang belum mengaplikasikan sistem E-Arsip. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menggambarkan proses manajemen kearsipan dokumen calon jemaah haji oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul Tahun 2021-2022. Penelitian ini merupakan penelitan lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan Analisis Data Flow model yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber data dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian yang didapat menunjukan bahwa: Pengelolaan arsip dokumen calon Jemaah haji oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul masih dilakukan secara manual yang dimulai dari pencatatan dan pendistribusian, penyimpanan, pengamanan dan pemeiharaan, kegiatan pengelolaan arsip sudah cukup baik dilakukan meskipun dilakukan secara manual dan hanya beberapa saja dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana serta sumber daya manusia arsip.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembingbing: Drs. Mokhammad Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengelolaan arsip; dokumen calon jemaah Haji
Subjects: Manajemen Dakwah
Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Sep 2023 10:42
Last Modified: 01 Sep 2023 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60104

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum