PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, DAN ETOS KERJA ISLAM TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BATANG

Muhammad Syafi’ Daru Quthni, NIM.: 19102040093 (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, DAN ETOS KERJA ISLAM TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BATANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, DAN ETOS KERJA ISLAM TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BATANG)
19102040093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, DAN ETOS KERJA ISLAM TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BATANG)
19102040093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy

Abstract

Kinerja merupakan pencapaian seseorang secara keseluruhan dalam waktu tertentu selama melaksanakan tugas dibandingkan dengan berbagai kemungkinan, seperti standar hasil kerja, target atau sasaran maupun kriteria yang ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati bersama. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan diantaranya lingkungan kerja, budaya organisasi, kepemimpinan kerja, disiplin kerja dan motivasi. Kepemimpinan dan budaya organisai menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan karena dalam suatu organisasi seorang pemimpin menjadi motor penggerak dan dapat menanamkan nilai-nilai yang baik untuk setiap karyawan. Selain itu, etos kerja Islam juga sangat penting untuk keberhasilan setiap individu, baik dalam hal kesadaran diri atau cita-cita budaya yang diikuti. Dalam meningkatkan kinerja karyawan, etos kerja Islam berperan penting dalam menentukan langkah-langkah perilaku seseorang karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, dan etos kerja Islam terhadap kinerja karyawan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan responden yang berjumlah 43 orang. Metode analisis yang digunakan yaitu meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji T, uji F, dan Uji R2. Pengujian hipotesis menggunakan Software SPSS for Windows versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi hitung sebesar 0,012 < 0,05 pada pengujian hipotesis minor atau uji T. Variabel budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi hitung sebesar 0,020 < 0,05 pada pengujian hipotesis minor atau uji T. Variabel etos kerja Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi hitung sebesar 0,000 < 0,05 pengujian hipotesis minor atau uji T. Kemudian secara simultan kepemimpinan transformasional, budaya organisasi dan etos kerja Islam memberikan kontribusi sebesar 87,6% terhadap kinerja karyawan, adapun 12,4% dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Early Maghfiroh Innayati, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan transformasional; budaya organisasi; etos kerja Islam; kinerja karyawan
Subjects: Manajemen Dakwah
Gaya Kepemimpinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Sep 2023 14:58
Last Modified: 01 Sep 2023 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60107

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum