PENINGKATAN EKONOMI BURUH MELALUI HOME INDUSTRY EMPING MELINJO STUDI PADA DI DESA PURBO, BAWANG, BATANG, JAWA TENGAH

Lutfiyadi, NIM.: 16230069 (2023) PENINGKATAN EKONOMI BURUH MELALUI HOME INDUSTRY EMPING MELINJO STUDI PADA DI DESA PURBO, BAWANG, BATANG, JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN EKONOMI BURUH MELALUI HOME INDUSTRY EMPING MELINJO STUDI PADA DI DESA PURBO, BAWANG, BATANG, JAWA TENGAH)
16230069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN EKONOMI BURUH MELALUI HOME INDUSTRY EMPING MELINJO STUDI PADA DI DESA PURBO, BAWANG, BATANG, JAWA TENGAH)
16230069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh Negara berkembang adalah lambatnya pertumbuhan ekonomi, dikarenakan sedikitnya lapangan pekerjaan. Lambatnya penanganan pemerintah dalam menangani pengangguran membuat Indonesia semakin terpuruk. Sebenarnya banyak yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah pengangguran di Indonesia, salah satunya adalah membuka lebih banyak lapangan pekerjaan. Tingkat pengangguran di Indonesia sangat tinggi dikarenakan beberapa faktor salah satunya tingkat kelahiran penduduk yang tinggi dan tidak ditopang oleh jumlah lapangan pekerjaan. Harapannya dengan adanya Sektor riil Home Industry yaitu sektor yang menghasilkan barang dan jasa yang ada di masyarakat mampu menjadi solusi permasalahan lapangan pekerjaan di Indonesia. Dalam menjalankan home industry mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan tantangan apa saja yang dihadapi sektor riil ini dalam menjalankan usahanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi kegiatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa itu home industry dan peningkatan ekonomi buruh melalui home industry. Hasil penelitian menunjukan pada peningkatan ekonomi buruh melalui proses pemberdayaan dan mengtahui apa itu home industry. Tahapan peningkatan ekonomi melalui proses pemberdayaan meliputi 1). Konsep pemberdayaan, 2). strategi pemberdayaan berupa menyusun instrument pengumpulan data, membangun pemahaman, dan memepersiapkan sistem informasi, 3). mengetahui apa itu home industry. Penelitian tentang peningkatan ekonomi buruh melalui home industry emping melinjo menghasilkan bahwa kelompok buruh emping melinjo di desa Purbo melaksanakan kegiatan membuat emping melinjo di rumah tanpa adanya tekanan dari pihak home industry. Buruh home industry emping melinjo di desa Purbo berusaha terus berkembang dengan perbaikan kualitas olahan emping melinjo agar pekerjaan menggarap emping melinjo tetap stabil. Menjadi buruh emping melinjo menjadi solusi bagi masyarakat desa Purbo dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aminah, S.Sos.I, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Home Industry, Peningkatan Ekonomi, Pemberdayaan, Buruh
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:41
Last Modified: 06 Sep 2023 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum