REHABILITASI PSIKOSOSIAL BAGI KLIEN PENYALAHGUNAAN NAPZA: STUDI KASUS INSTITUSI PENERIMA WAJIB LAPOR (IPWL) GRIYA PEMULIHAN SILOAM YOGYAKARTA

Bella Venitia Tifani, NIM.: 16250024 (2023) REHABILITASI PSIKOSOSIAL BAGI KLIEN PENYALAHGUNAAN NAPZA: STUDI KASUS INSTITUSI PENERIMA WAJIB LAPOR (IPWL) GRIYA PEMULIHAN SILOAM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REHABILITASI PSIKOSOSIAL BAGI KLIEN PENYALAHGUNAAN NAPZA: STUDI KASUS INSTITUSI PENERIMA WAJIB LAPOR (IPWL) GRIYA PEMULIHAN SILOAM YOGYAKARTA)
16250024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (REHABILITASI PSIKOSOSIAL BAGI KLIEN PENYALAHGUNAAN NAPZA: STUDI KASUS INSTITUSI PENERIMA WAJIB LAPOR (IPWL) GRIYA PEMULIHAN SILOAM YOGYAKARTA)
16250024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penyalahgunaan NAPZA merupakan salah satu permasalahan yang menjadi perhatian khusus pemerintah, karena dapat menghancurkan generasi bangsa dan sudah menyebar di semua kalangan masyarakat. NAPZA merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Zat/bahan adiktif lainnya baik zat alami atau sintesis. Istilah lain yang dikenal di kalangan masyarakat adalah narkoba. Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan berbahaya lainya. Korban penyalahgunaan NAPZA sebaiknya segera mendapatkan Tindakan rehabilitasi. Salah satu lembaga swasta yang berkiprah dibidang penyalahgunaan NAPZA ialah Griya Pemulihan Siloam. Yayasan Griya Pemulihan Siloam Yogyakarta merupakan Lembaga kesejahteraan sosial (LSM) Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) yang peduli dengan masalah-masalah sosial khususnya masalah ketergantungan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat adiktif lainya) dan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Rehabilitasi Sosial Bagi klien penyalahgunaan NAPZA di IPWL Griya Peemulihan Siloam Yogyakarta. Rumusan masalah dari penelitian ini yakni Bagaimana rehabilitasi Psikososial bagi klien penyalahgunaan NAPZA di Lembaga Griya Pemulihan Siloam Yogyakarta. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan serangkaian observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan sumber. Selain itu teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Dari penelitian tersebut dapat dijelaskan bahwa lembaga Griya Pemulihan Siloam menerapkan rehabilitasi sosial, spiritual, psikologis, medis dan pelatihan vokasional. Selain itu lembaga juga penyediakan layanan after care untuk klien yang dirawat jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Andayani, S.IP., MSW
Uncontrolled Keywords: Penyalahgunaan NAPZA, Rehabilitasi, Psikososial, Vokasional
Subjects: Psikotropika - Narkotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Sep 2023 09:42
Last Modified: 06 Sep 2023 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60134

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum