AKTIVITAS MANAJEMEN PELAYANAN JEMAAH HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AISYIYAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023

Farhan Sofian, NIM.: 19102040109 (2023) AKTIVITAS MANAJEMEN PELAYANAN JEMAAH HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AISYIYAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AKTIVITAS MANAJEMEN PELAYANAN JEMAAH HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AISYIYAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023)
19102040109_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AKTIVITAS MANAJEMEN PELAYANAN JEMAAH HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) AISYIYAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2023)
19102040109_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ibadah haji adalah kegiatan sakral yang merupakan ibadah yang sangat dirindukan oleh semua muslim sedunia. Ibadah haji diselenggarakan oleh pemerintah, berangkat dari berbagai pelayanan-pelayanan yang diberikan dari pemerintah khususnya dari pemerintah pusat dari Menteri Agama kemudian ke Kementerian Agama setiap kota yang kemudian diterima oleh lembaga bimbingan ibadah haji yang mana KBIHU sebagai lembaga pelayanan terhadap bimbingan haji dan umrah tersebut. Setiap KBIHU mempunyai prosedur pelayanan didalamnnya yang telah direncanakan. Sehingga, perencanaan yang telah dibentuk dibutuhkannya teknik dalam pelaksanaannya guna pencapain yang akan didapatkan. KBIHU Aisyiyah Kota Yogyakarta salah satu KBIHU di Kota Yogyakarta dengan peminat calon jemaah haji untuk mengikuti bimbingan manasik haji cukup banyak, sehingga diperlukan pengelolaan bimbingan yang profesional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, maka dilakukan reduksi data, kemudian data tersebut didisplay dan dijadikan sebuah kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas manajemen pelayanan jemaah haji di KBIHU Aisyiyah Kota Yogyakarta tergolong sudah baik dari segi pelaksanaan secara langsung kepada jemaah, dalam bentuk penetapan prosedur yang telah direncanakan meliputi bentuk sasaran pelayanan, menetapkan teknik pencapaian terutama terutama dala memenuhi kebutuhan jemaah dala pelaksanaan ibadah haji, pengendalian kegiatan manajemen pelayanan melibatkan Ketua KBIHU Aisyiyah Kota Yogyakarta dan Jemaah Haji yang terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Early Maghfiroh Innayati, S.Ag. M.Si.
Uncontrolled Keywords: KBIHU Aisyiyah; aktivitas manajemen pelayanan; jemaah Haji KBIHU Aisyiyah.
Subjects: Manajemen Dakwah
Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Sep 2023 09:58
Last Modified: 06 Sep 2023 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60138

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum