PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN LANSIA STUDI KASUS PEKERJA SOSIAL DI UPT RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA TERLANTAR (RPSLUT) BUDHI DHARMA KOTA YOGYAKARTA

Chemitha Waskita Dewi, NIM.: 18102050056 (2023) PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN LANSIA STUDI KASUS PEKERJA SOSIAL DI UPT RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA TERLANTAR (RPSLUT) BUDHI DHARMA KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN LANSIA STUDI KASUS PEKERJA SOSIAL DI UPT RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA TERLANTAR (RPSLUT) BUDHI DHARMA KOTA YOGYAKARTA)
18102050056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN LANSIA STUDI KASUS PEKERJA SOSIAL DI UPT RUMAH PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA TERLANTAR (RPSLUT) BUDHI DHARMA KOTA YOGYAKARTA)
18102050056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Lansia mengalami berbagai masalah pada masalah fisik, psikologis, dan sosial. Lansia akan mengalami kemunduran secara berkala. Mengingat adanya berbagai macam perubahan yang muncul pada masa lansia pasti akan memerlukan pelayanan dari segi fisik maupun psikologis, salah satu pelayanan sosial milik pemerintah. Pelayanan sosial ini ditujukan untuk lansia yang tidak mendapat kebutuhan sandang,pangan dan papan. Hadirnya pelayanan sosial, pekerja sosial turut membantu dalam proses pelayanan. Pekerja sosial adalah profesi yang membantu lansia dalam mencapai keberfungsian sosialnya. Peran pekerja sosial selama proses pelayanan lansia sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pekerja sosial dalam meningkatkan kesejahteraan lansia dan mengetahui upaya program pelayanan dalam meningkatkan kesejahteraan sosial lansia di UPT Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Terlantar Budhi Dharma Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 8 ( delapan ) orang terdiri dari 1 (satu) orang kepala, 2 ( dia ) orang pekerja sosial, dan 5 ( lima ) orang lanjut usia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan pekerja sosial dalam meningkatkan kesejahteraan sosial lansia di UPT Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Terlantar antara lain sebagai fasilitator, broker, pelindung, dan konselor Upaya program pelayanan dalam meningkatkan kesejahteraan sosial lanjut usia dilakukan lima kali dalam satu minggu, yaitu meliputi pelayanan bimbingan fisik, bimbingan keagamaan, bimbingan kesenian/rekreasi, dan bimbingan keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, MA, BSW, Ph.D
Uncontrolled Keywords: pekerja sosial; lansia; kesejahteraan sosial
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Sep 2023 11:10
Last Modified: 06 Sep 2023 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60144

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum