IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA PT. NUR RAMADHAN WISATA KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Rizki Firdaus, NIM.: 17102040089 (2023) IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA PT. NUR RAMADHAN WISATA KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA PT. NUR RAMADHAN WISATA KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
17102040089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA PT. NUR RAMADHAN WISATA KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
17102040089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Semakin meningkatnya jumlah jemaah haji maupun umrah di Indonesia menjadikan banyak bermunculan penyedia layanan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Haji Khusus (PIHK). Hal tersebut memicu timbulnya persaingan antar perusahaan untuk memperoleh jemaah dan mempertahankan eksistensinya sebagai penyedia layanan ibadah umrah dan haji khusus agar tidak berakhir gulung tikar. Maka diperlukan sistem pengendalian guna menjadikan laju perusahaan dapat dikendalikan sesuai dengan rencana-rencana yang telah ditentukan dan meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Seperti yang diterapkan PT. Nur Ramadhan Wisata sebagai penyedia layanan Ibadah Umrah dan Haji Khusus pertama di Yogyakarta telah mampu mempertahankan usahanya dengan kurun waktu ± 23 tahun dan mampu memperoleh jemaah dalam jumlah yang banyak, meskipun banyak pesaing/ competitor baru dengan harga yang lebih murah dengan iming-iming fasilitas yang lebih memuaskan. Teori yang digunakan adalah teori sistem pengendalian manajemen dari Abdul Halim, Achmad Tjahjono, dan Muh. Fakhri Husein yang mengadopsi teorinya Robert N. Anthony dan Vijay Govindarajan. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Sistem Pengendalian Manajemen pada PT. Nur Ramadhan Wisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Sistem Pengendalian Manajemen yang diterapakan di PT. Nur Ramadhan Wisata. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yakni dengan menjelaskan situasi yang terjadi pada subjek penelitian secara menyeluruh, luas dan mendalam dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Nur Ramadhan Wisata Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta sudah menerapkan sistem pengendalian manajemen dengan baik. Proses pengendalian dilakukan dengan melalui 4 tahapan, yaitu perencanaan strategi, penyusunan anggaran, pelaksanaan, dan evaluasi kinerja. Pengendalian cenderung bersifat otoritatif dengan pengawasan sepenuhnya dibawah pimpinan tertinggi yaitu Direktur Utama PT. Nur Ramadhan Wisata melalui bantuan sistem informasi ELHAMZAH sebagai sarana untuk memudahkan pimpinan dalam melakukan pengawasan terhadap semua tugas dan pekerjaan karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. M. Toriq Nurmadiansyah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Manajemen; anggaran; evaluasi kerja
Subjects: Manajemen Dakwah
Manajemen > Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Sep 2023 11:47
Last Modified: 06 Sep 2023 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60146

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum