IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH PADA KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT (KSM) KOMPAK MAJU KALONGAN MAGUWOHARJO

Muhamad Lutfil Hakim, NIM.: 17102030082 (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH PADA KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT (KSM) KOMPAK MAJU KALONGAN MAGUWOHARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH PADA KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT (KSM) KOMPAK MAJU KALONGAN MAGUWOHARJO)
17102030082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH PADA KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT (KSM) KOMPAK MAJU KALONGAN MAGUWOHARJO)
17102030082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi kebijakan pengelolaan sampah merupakan proses penting untuk menyukseskan kebijakan tersebut, adanya kebijakan pengelolaan itu bertujuan untuk menciptakan dan membangun lingkungan yang bersih dan sehat. KSM Kompak Maju yang selaku pengelola sampah di Padukuhan Kalongan merupakan implementor tingkat bawah yang terjun langsung dilapangan. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan sejauh mana keberhasilan implementasi kebijakan pengelolaan sampah dan permasalahan maupun kendala dalam proses pengelolaan sampah di KSM Kompak Maju Padukuhan Kalongan Kelurahan Maguwoharj Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik interaktif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapatkan merupakan data yang sudah valid dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses implementasi kebijakan pengelolaan sampah di KSM Kompak Maju dapat dilihat dari beberapa indikator seperti, hubungan antar organisasi, perilaku implementor tingkat bawah dan perilaku kelompok sasaran. Kemudian pengelolaan sampah di KSM Kompak Maju masih mengalami beberapa permasalahan seperti kurangnya kesadaran Masyarakat, kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM), kurangnya dukungan pemerintah dan kurang adanya teknologi yang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aminah, S.Sos.I,. M.si.
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Sampah, KSM Kompak Maju, kebijakan Publik
Subjects: Kebijakan Publik
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Sep 2023 13:42
Last Modified: 06 Sep 2023 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60150

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum