PENDAMPINGAN YAYASAN RIDHO AISYAH BERSINAR KLATEN JAWA TENGAH DALAM MEMBANGUN RESILIENSI ORANG TUA YANG MEMPUNYAI ANAK PENYANDANG DISABILITAS

Ahmad Febrian Cahya Utama, NIM.: 17102050051 (2023) PENDAMPINGAN YAYASAN RIDHO AISYAH BERSINAR KLATEN JAWA TENGAH DALAM MEMBANGUN RESILIENSI ORANG TUA YANG MEMPUNYAI ANAK PENYANDANG DISABILITAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDAMPINGAN YAYASAN RIDHO AISYAH BERSINAR KLATEN JAWA TENGAH DALAM MEMBANGUN RESILIENSI ORANG TUA YANG MEMPUNYAI ANAK PENYANDANG DISABILITAS)
17102050051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDAMPINGAN YAYASAN RIDHO AISYAH BERSINAR KLATEN JAWA TENGAH DALAM MEMBANGUN RESILIENSI ORANG TUA YANG MEMPUNYAI ANAK PENYANDANG DISABILITAS)
17102050051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan, pertama yaitu tentang bagaimana resiliensi orang tua yang mempunyai anak penyandang disabilitas di Yayasan Ridho Aisyah Bersinar Klaten, Jawa Tengah. Kedua yaitu apa saja faktor pendukung dan penghambat pada resiliensi orang tua yang mempunyai anak penyandang disabilitas di Yayasan Ridho Aisyah Bersinar Klaten, Jawa Tengah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan deskriptif kualitatif, di mana peneliti mengumpulkan fakta-fakta secara langsung di lapangan dan kemudian diuraikan secara keseluruhan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan langkah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan narasumber yang diwawancarai ada 5 orang, yang terdiri dari pendiri Yayasan Ridho Aisyah Bersinar dan juga orang tua yang mempunyai anak penyandang disabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 metode pendampingan Yayasan Ridho Aisyah Bersinar Klaten Jawa Tengah dalam membangun resiliensi orang tua yang mempunyai anak penyandang disabilitas, di antaranya yaitu: (1) adanya pendekatan diri atau konseling kepada orang tua yang mempunyai anak penyandang disabilitas, (2) diadakannya seminar, motivasi dan ceramah tentang difabel yang dikhususkan untuk orang tua yang mempunyai anak penyandang disabilitas, (3) adanya bimbingan, baik dengan orang tua anak maupun anak penyandang disabilitas. Selain itu, terdapat dampak atau perubahan resiliensi dari sisi orang tua, di mana hasilnya dapat diketahui bahwa dampaknya yaitu (1) terdapat rasa percaya diri, (2) adanya rasa ikhlas/ menerima kenyataan, dan (3) siaga dengan kehidupan nyata. Sedangkan dari sisi anak, perubahan besarnya adalah anak penyandang disabilitas membantu orang tua dan mempunyai kepercayaan diri sehingga mampu menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi. Adapun terkait hambatan yayasan Ridho Aisyah Bersinar Klaten Jawa Tengah dalam membangun resiliensi terhadap orang tua yang mempunyai anak penyandang disabilitas yaitu (1) sulit untuk diterima di lingkungan setempat, sehingga anak penyandang disabilitas sering diejek oleh teman-teman sebayanya, (2) perlu adanya peran/ dampak positif untuk orang tua dan juga anak penyandang disabilitas, peran tersebut berupa rasa semangat dari orang tua maupun anak penyandang disabilitas, (3) perlunya diberikan wadah untuk anak penyandang disabilitas agar dapat bermain dengan teman-temannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Asep Jahidin, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Orang Tua, Anak Penyandang Disabilitas.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Sep 2023 13:48
Last Modified: 06 Sep 2023 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60152

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum