PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TERHADAP KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Hasna Aisyah, NIM.: 18102040116 (2023) PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TERHADAP KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TERHADAP KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
18102040116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN TERHADAP KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
18102040116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan perkembangan zaman yang semakin pesat sehingga pertumbuhan teknologi semakin canggih dan persaingan antara organisasi semakin kompeitif. Seiring pertumbuhan teknologi yang semakin canggih menuntut Sumber Daya Manusia (SDM) mampu berkompetensi untuk berinovasi dalam segala bidang. Oleh karena itu dibutuhkan SDM yang berkualitas agar dapat memberikan inovasi-inovasi dalam sebuah organisasi. Pelatihan dan pengembangan merupakan hal yang penting dalam pengembangan kualitas SDM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan pengembangan terhadap kualitas sumber daya manusia di Kopma UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Analisis data bersifat statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 85 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling yaitu pengambilan sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada di dalam populasi tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan perhitungan penelitian yang dilakukan dengan bantuan SPSS 26 menunjukkan bahwa nilai pelatihan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa pelatihan berpengaruh secara signifika terhadap kualitas SDM, nilai pengembangan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa pengembangan berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas SDM. Nilai R square sebesar 0,486 atau 48,6% yang berarti bahwa pelatihan dan pengembangan memberi pengaruh kepada kualitas SDM, sedangkan 51,4% lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian in

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Shofi’unnafi,M.M.
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Pengembangan, Kualitas SDM, Kopma UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Subjects: Manajemen
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Sep 2023 14:11
Last Modified: 06 Sep 2023 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60157

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum