PERAN PEMBIMBING AGAMA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PEMAHAMAN AGAMA MUALAF DI MUALAF CENTER YOGYAKARTA

Fania Nuranisa, NIM.: 19102020011 (2023) PERAN PEMBIMBING AGAMA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PEMAHAMAN AGAMA MUALAF DI MUALAF CENTER YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEMBIMBING AGAMA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PEMAHAMAN AGAMA MUALAF DI MUALAF CENTER YOGYAKARTA)
19102020011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEMBIMBING AGAMA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PEMAHAMAN AGAMA MUALAF DI MUALAF CENTER YOGYAKARTA)
19102020011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis untuk mengetahui kepercayaan diri pada pemahaman agama mualaf pasca syahadat. Sebagai orang yang baru masuk Islam, mualaf membutuhkan bantuan dan dukungan baik secara psikologis, sosial, hukum serta pendidikan. Salah satu lembaga yang menaungi mualaf di Yogyakarta adalah Yayasan Mualaf Center Yogyakarta. Mualaf Center Yogyakarta merupakan lembaga yang bergerak dalam pembinaan keagamaan maupun pedampingan sosial dan perlindungan hukum bagi mualaf. Pemberian pendampingan dan perlindungan hukum pada mualaf dilakukan pasca syahadat sehingga mualaf tidak merasa sendirian dalam mempelajari agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pembimbing agama dalam meningkatkan kepercayaan diri pada pemahaman agama mualaf di Mualaf Center Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang pengurus, 2 orang pembimbing agama dan 2 orang mualaf di Mualaf Center Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran pembimbing agama di Mualaf Center Yogyakarta yaitu sebagai fasilitator mualaf dalam mempelajari Islam, sebagai motivator bagi mualaf, sebagai stabilisator mualaf agar bimbingan terlaksana dengan baik, dan sebagai pengarah bagi pelaksanaan program bimbingan untuk menghindari penyimpangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Irsyadunnas, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pembimbing Agama, Kepercayaan Diri, Mualaf
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Sep 2023 09:14
Last Modified: 07 Sep 2023 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60182

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum