PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Aulia Ayu Kusuma Ningrum, NIM.: 19102020015 (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
19102020015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
19102020015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Projek Penguatan Profil Pancasila merupakan bagian dari program pengembangan Kurikulum Merdeka yang berbasis projek yang dirancang untuk mensukseskan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Profil pelajar Pancasila memiliki enam kompetensi yang dirumuskan sebagai dimensi kunci yang saling berkaitan dan saling menguatkan guna mewujudkan profil pelajar Pancasila yang utuh. Sebagaimana dituangkan dalam Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (2022) yang dikeluarkan oleh Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek menyebutkan bahwa dalam pembagian peran dan tanggungjawab dalam pengelolaan projek profil pelajar Pancasila harus melibatkan guru bimbingan dan konseling untuk memfasilitasi proses berjalannya projek dengan memberikan dukungan, baik dalam bidang akademis, emosional, serta moral peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan mereduksi data yang didapat kemudian menyajikan kedalam pola dan membuat kesimpulan dan verifikasi dari hasil tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP IT Abu Bakar adalah sebagai informator, organisator, motivator, pengarah, inisiator, transmitter, fasilitator, mediator, evaluator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Slamet, S. Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Guru, Bimbingan dan Konseling, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Sep 2023 09:19
Last Modified: 07 Sep 2023 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60183

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum