METODE BIMBINGAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK PERILAKU AKHLAKUL KARIMAH ANAK TELANTAR DI BALAI REHABILITASI SOSIAL DAN PENGASUHAN ANAK (BRSPA) YOGYAKARTA

Suwari Amalia, NIM.: 19102020076 (2023) METODE BIMBINGAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK PERILAKU AKHLAKUL KARIMAH ANAK TELANTAR DI BALAI REHABILITASI SOSIAL DAN PENGASUHAN ANAK (BRSPA) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE BIMBINGAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK PERILAKU AKHLAKUL KARIMAH ANAK TELANTAR DI BALAI REHABILITASI SOSIAL DAN PENGASUHAN ANAK (BRSPA) YOGYAKARTA)
19102020076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE BIMBINGAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK PERILAKU AKHLAKUL KARIMAH ANAK TELANTAR DI BALAI REHABILITASI SOSIAL DAN PENGASUHAN ANAK (BRSPA) YOGYAKARTA)
19102020076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Anak telantar merupakan seorang anak yang berusia 5-18 tahun yang tidak memperoleh hak sebagaimana yang diterima oleh anak-anak pada umumnya. Selain itu anak telantar kerap tidak menerima bimbingan rohani maupun pengenalan terhadap agama dari keluarga terutama orang tua yang berhubungan dengan pembentukan perilaku. Hal tersebut menyebabkan pembentukan perilaku pada anak tidak terarah sehingga berdampak terhadap perilaku yang buruk dan mengarah pada tindakan kriminal serta tindakan yang dilarang oleh agama. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah berupaya untuk menemukan, mendeskripsikan metode bimbingan agama Islam yang diterapkan pembimbing dalam memberikan bimbingan agama Islam untuk anak telantar di Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak (BRSPA) Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan atau validasi data menggunakan teknik triangulasi teknik. Adapun data yang telah didapatkan akan dilakukan analisis data model interaktif berupa pengumpulan data, reduksi data atau melakukan pemilihan data, penyajian data, terakhir dapat dilakukan penarikan kesimpulan untuk memperoleh jawaban dari rumusan masalah. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa metode yang diterapkan dalam proses bimbingan agama Islam terdapat tiga metode, yaitu metode demonstrasi, metode pembiasaan, dan metode keteladanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Rifai, M.A.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam, Akhlakul Karimah, Anak Telantar
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Sep 2023 13:14
Last Modified: 07 Sep 2023 13:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60195

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum