TERAPI RUQYAH SYAR’IYYAH DALAM MENANGANI GANGGUAN KESURUPAN DI PUSAT RAWATAN RUQYAH SYAR’IYYAH BINTULU SARAWAK MALAYSIA

Dayangku Siti Izzah Haffizah, NIM.: 19102020086 (2023) TERAPI RUQYAH SYAR’IYYAH DALAM MENANGANI GANGGUAN KESURUPAN DI PUSAT RAWATAN RUQYAH SYAR’IYYAH BINTULU SARAWAK MALAYSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TERAPI RUQYAH SYAR’IYYAH DALAM MENANGANI GANGGUAN KESURUPAN DI PUSAT RAWATAN RUQYAH SYAR’IYYAH BINTULU SARAWAK MALAYSIA)
19102020086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TERAPI RUQYAH SYAR’IYYAH DALAM MENANGANI GANGGUAN KESURUPAN DI PUSAT RAWATAN RUQYAH SYAR’IYYAH BINTULU SARAWAK MALAYSIA)
19102020086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dayangku Siti Izzah Haffizah. (19102020086) Terapi Ruqyah Syar’iyyah Dalam Menangani Gangguan Kesurupan Di Pusat Rawatan Ruqyah Syar’iyyah Bintulu Sarawak Malaysia. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap terapi ruqyah syar’iyyah untuk menangani gangguan kesurupan di Pusat Rawatan Ruqyah Syar’iyyah Bintulu, Sarawak Malaysia. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah peruqyah dan pasien ruqyah syar’iyyah yang mengalami gangguan kesurupan. Hasil dari penelitian ini adalah tahap-tahap terapi ruqyah syar’iyyah untuk menangani gangguan kesurupan. Terdapat 3 tahap yang dilakukan, yakni tahap pertama (tahap sebelum pengobatan) tahap kedua (proses pengobatan), dan tahapan ketiga (Setelah pengobatan). Tahap pertama yaitu dengan menyediakan tempat yang kondusif dan juga menganalisa pasien sebelum terapi ruqyah dijalankan. Tahapan kedua yaitu proses pengobatan, peruqyah membacakan ayat-ayat pilihan yang diambil dari Al-Quran. Tahapan ketiga yaitu setelah pengobatan, peruqyah memberikan saran, nasehat dan dorongan untuk pasien istiqamah dalam melakukan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah agar tidak mudah diganggu oleh gangguan lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anggi Jatmiko M.A
Uncontrolled Keywords: Terapi Ruqyah Syar’iyyah, Gangguan Kesurupan, Al-Quran
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Sep 2023 13:29
Last Modified: 08 Sep 2023 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60200

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum