PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SANTRIWAN MELALUI PENGABDIAN MASYARAKAT SANTRI OLEH PONDOK PESANTREN AL-IMDAD TAHUN 2023

Hidayatus Sa’diyyah, NIM.: 19102030030 (2023) PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SANTRIWAN MELALUI PENGABDIAN MASYARAKAT SANTRI OLEH PONDOK PESANTREN AL-IMDAD TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SANTRIWAN MELALUI PENGABDIAN MASYARAKAT SANTRI OLEH PONDOK PESANTREN AL-IMDAD TAHUN 2023)
19102030019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SANTRIWAN MELALUI PENGABDIAN MASYARAKAT SANTRI OLEH PONDOK PESANTREN AL-IMDAD TAHUN 2023)
19102030019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Negara Kesatuan Republik Indonesia mempunyai sejarah dengan seorang santri. Hal tersebut ditunjukkan adanya Ulama, Kyai, Santri dan pengikutnya membentuk organisasi pergerakan yang mempunyai tujuan untuk membangkitkan semangat rakyat Indonesia menuju Negara Kesatuan Republik Indonesia. adapun organisasi pergerakan tersebut bernama Nahdlatul Ulama (NU). Kemudian pada zaman sekarang santri mempunyai tugas untuk mendalami ilmu agama dan pesantrenyang digunakan untuk pengamalam dan penyampaian ilmu maupun keterampilannya kepada masyarakat. Karena pada dasarnya ketika santri pulang dari pesantren mereka akan terjun langsung ke masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan Pondok Pesantren Al-Imdad dalam membentuk kepribadian santri. Selain itu juga untuk mendeskripsikan dampak adanya program kegiatan PMS yang diterima santri, pondok pesantren dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan metode keterlibatan dan ketekunan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan Pondok Pesantren Al-Imdad dalam membentuk kepribadian santri yaitu: melalui program kegiatan PMS yang meliputi pembekalan, penerjunan serta pendampingan. Adapun dampak yang diterima santri yaitu santri mendapatkan pengalaman-pengalaman yang berharga, santri bisa mendisiplinkan waktu. Dampak yang diterima pesantren yaitu pesantren mendapatkan nama baik dari masyarakat dan pesantren menjadi tumpuan keagamaan bagi masyarakat. Dampak yang diterima oleh masyarakat yaitu dapat meringankan pekerjaan, masyarakat termotivasi memondokkan anaknya ke pesantren. Sehingga dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya kegiatan PMS yang diadakan oleh Pondok Pesantren Al-Imdad dapat membentuk kepribadian santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mohammad Abu Suhud, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengabdian Masyarakat, Santri, Pesantren, Masyarakat
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Sep 2023 13:38
Last Modified: 08 Sep 2023 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum