PENGEMBANGAN WISATA KEAGAMAAN (STUDI EKSPLORATIF DI KAWASAN MAKAM SYEKH ANOM SIDAKARSA DI DESA GROGOLBENINGSARI KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN)

M. Rouf, NIM.: 19102030039 (2023) PENGEMBANGAN WISATA KEAGAMAAN (STUDI EKSPLORATIF DI KAWASAN MAKAM SYEKH ANOM SIDAKARSA DI DESA GROGOLBENINGSARI KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN WISATA KEAGAMAAN (STUDI EKSPLORATIF DI KAWASAN MAKAM SYEKH ANOM SIDAKARSA DI DESA GROGOLBENINGSARI KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN))
19102030039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN WISATA KEAGAMAAN (STUDI EKSPLORATIF DI KAWASAN MAKAM SYEKH ANOM SIDAKARSA DI DESA GROGOLBENINGSARI KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN))
19102030039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pengambangan wisata religi Makam Syekah Anom Sidakarsa dilakukan atas kesadaran juru kunci dan masyarakat sekitar. Masyarakat menyadari adanya potensi yang besar dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar Makam Syekah Anom Sidakarsa. Pengembangan dilakukan memanfaatkan berbagai sumber daya manusia dengan tujuan berkelanjutan untuk mendapatkan berkah dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan wisata religi Makam Syekh Anom Sidakarsa dan mendeskripsikan serta menganalisis implikasi pengembangan wisata keagamaan bagi masyarakat local di Kawasan wisata religi Makam Syekh Anom Sidakarsa Desa Grogolbeningsari Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Teknik inetraktif dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan merupakan data yang sudah valid dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan strategi yang dilakukan dalam pengembangan wisata religi Makam Syekh Anom dengan beberapa tahapan diantaranya, planning dengan terlebih dahulu melakukan penyadaran wisata terhadap masyarakat, pengorganisasian dengan membentuk organisasi pengelola wisata, actuating dengan membangun sarana dan prasarana, pengajuan proposal untuk dana pembangunan, dan mengadakan kegiatan rutinan dengan tujuan supaya wisata religi tersebut terus ramai pengunjung. Tahap terakhir yaitu controlling yang dilakukan secara berkala oleh juru kunci makam serta pemasangan CCTV dibeberapa sudut area wisata religi Makam Syekh Anom Sidakarsa. Adanya pengembangan wisata religi Makam Syekh Anom Sidakarsa telah memberikan dampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Dampak tersebut diantaranya, masyarakat mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari, menghasilkan pendapatan tetap setiap bulan, dapat menyekolahkan anak, merenovasi rumah, dan dapat menyisihkan Sebagian penghasilannya untuk menabung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Abu Suhud, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Wisata Religi, Peningkatan Ekonomi, Makam Syekh Anom Sidakarsa
Subjects: Industri Pariwisata
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Sep 2023 13:54
Last Modified: 08 Sep 2023 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60206

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum