STRATEGI PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI MAJELIS TAKLIM AL-HUROIDHOH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI ISLAM DI DESA SUKOHARJO 3, KECAMATAN SUKOHARJO, KABUPATEN PRINGSEWU

Naufal Abdur Rahman, NIM.: 19102030068 (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI MAJELIS TAKLIM AL-HUROIDHOH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI ISLAM DI DESA SUKOHARJO 3, KECAMATAN SUKOHARJO, KABUPATEN PRINGSEWU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI MAJELIS TAKLIM AL-HUROIDHOH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI ISLAM DI DESA SUKOHARJO 3, KECAMATAN SUKOHARJO, KABUPATEN PRINGSEWU)
19102030068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN MASYARAKAT MELALUI MAJELIS TAKLIM AL-HUROIDHOH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI ISLAM DI DESA SUKOHARJO 3, KECAMATAN SUKOHARJO, KABUPATEN PRINGSEWU)
19102030068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Strategi adalah keseluruhan kepuasan kondisional tentang tindakan yang akan dijalankan guna mencapai tujuan. Kegiatan pengembangan masyarakat adalah suatu kegiatan yang memiliki tujuan yang jelas dan harus dicapai, oleh sebab itu, setiap pelaksanaan pengembangan masyarakat perlu dilandasi dengan strategi kerja tertentu demi keberhasilannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana Strategi Pengembangan Masyarakat Melalui Majelis Taklim Al-Huroidhoh serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai-Nilai Islam di Desa Sukoharjo 3, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data di peroleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian diolah dengan menggunakan metode deskriptif analisis yaitu memaparkan secara mendalam dengan apa adanya secara obyektif sesuai dengan data yang diperoleh. Hasil penelitian bagaimana Strategi Pengembangan Masyarakat melalui Majelis Taklim Al-Huroidhoh untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai Islam di Desa Sukoharjo 3 dengan mengikuti rutinan setiap satu minggu sekali yang ada di Majelis Taklim Al-Huroidhoh dapat memperkuat moral dan akhlak dengan diberikan pemahaman nilai-nilai Islam, serta fokus pengembangan masyarakat dari Majelis Taklim Al-Huroidhoh adalah dengan penguatan jiwa dan mental spiritualitas masyarakat untuk lebih memahami dan mengetahui tentang nilai-nilai Islam juga meningkatkan kualitas moral dan akhlak yang baik. Selanjutnya terdapat faktor pendukung Strategi Pengembangan Masyarakat Melalui Majelis Taklim Al-Huroidhoh yaitu kepedulian pengasuh dan pengurus, partisipasi jamaah, para ustadz yang kompeten dan materi kajian yang menarik, lokasi Majelis Taklim, dan ukhuwah Islamiyah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dana, tempat, sarana prasarana dan bantuan tenaga, kemudian waktu selama kegiatan rutinan serta rasa malas dan lela

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mohammad Abu Suhud, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Masyarakat, Majelis Taklim, Nilai-Nilai Islam
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Sep 2023 14:02
Last Modified: 08 Sep 2023 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60209

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum