MANAJEMEN BIMBINGAN IBADAH HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) ASSALAMAH PEKALONGAN JAWA TENGAH

Ahmad Isnanto Muttahidin, NIM.: 19102040006 (2023) MANAJEMEN BIMBINGAN IBADAH HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) ASSALAMAH PEKALONGAN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN BIMBINGAN IBADAH HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) ASSALAMAH PEKALONGAN JAWA TENGAH)
19102040006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN BIMBINGAN IBADAH HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) ASSALAMAH PEKALONGAN JAWA TENGAH)
19102040006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari banyaknya lembaga penyelenggara bimbingan ibadah haji dan umrah di Kota Pekalongan sedangkan pada penyelenggaraan bimbingan ibadah haji sendiri memiliki beberapa rangkaian kegiatan yang harus dilakukan lembaga tersebut, masih banyak juga dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala. Seperti terkait jadwal yang kadang selesai mepet dengan pemberangkatan, kurangnya penampilan visual kepada calon jemaah, dan minimnya pengetahuan bagi jemaah yang berasal dari desa terutama jemaah lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen bimbingan ibadah haji yang diberikan KBIHU Assalamah Pekalongan terhadap jemaah. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan kredibilitas data, dependability data, dan konfirmability data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen bimbingan ibadah haji yang dilakukan KBIHU Assalamah Pekalongan sudah cukup baik, mulai dari perencanaan yang dibuat, pengorganisasian yang terstruktur, pelaksanaan yang sesuai rencana, dan pengawasannya terlaksana dengan baik. Dari proses tersebut membuat alumni jemaah merasa puas, untuk selalu meningkatkan kualitas bimbingannya KBIHU Assalamah Pekalongan mengadakan planning tahunan dan evaluasi rutin baik secara internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Bimbingan Ibadah Haji, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Assalamah Pekalongan
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Sep 2023 14:13
Last Modified: 08 Sep 2023 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60212

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum