IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA OLEH SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022

Astuti Choeriah, NIM.: 19102040013 (2023) IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA OLEH SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA OLEH SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022)
19102040013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PELAYANAN PRIMA OLEH SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022)
19102040013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini dimulai dengan adanya peningkatan minat melaksanakan ibadah haji dan adanya tuntutan memberikan pelayanan yang berkualitas dalam setiap pelayanan yang diberikan kepada jemaah sebagaimana diatur dalam undang-undang Penyelenggaraan Ibadah Haji No. 8 tahun 2019 bahwa Pemerintah berkewajiban memberikan pembinaan, berupa bimbingan ibadah haji, pelayanan administasi, perlindungan atau keamanan dan segala hal yang diperlukan oleh jemaah haji. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang besifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun proses analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan uji keabsahan data triangulasi sumber dan juga triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kementerian Agama Kota Yogyakarta telah mengimplementasikan pelayanan prima dengan menggunakan lima dimensi kualitas pelayana di antaranya adalah bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati yang diimplementasikan pada aspek pendaftaran, bimbingan manasik haji, pelayanan kesehatan, pelayanan transportasi, akomodasi dan konsumsi, serta keamanan dan perlindungan. Namun, ada beberapa indikator yang tidak terimplementasikan di antaranya yaitu indikator kehandalan, daya tanggap, dan juga empati yang tidak mengimplementasikan pelayanan prima pada aspek transportasi, akomodasi, dan konsumsi serta pada aspek keamanan dan perlindungan. Implementasi pelayanan prima dengan menumbuhkembangkan budaya kualitas pelayanan terdiri empat indikator yaitu melakukan pengembangan individual melalui pengembangan karakter budaya pelayanan, pelatihan manajemen, standar kinerja pegawai dan pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Muhammad Irfai Muslim, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Prima, Kualitas Pelayanan, Penyelenggaraan Ibadah Haji
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Sep 2023 14:25
Last Modified: 08 Sep 2023 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60214

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum