STRATEGI FUNDRAISING ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Tias Aderma, NIM.: 19102040052 (2023) STRATEGI FUNDRAISING ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI FUNDRAISING ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
19102040052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI FUNDRAISING ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
19102040052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari perolehan dana zakat selam 4 tahun terakhir yaitu sejak 2019 hingga 2022 mengalami peningkatan. Serta pertumbuhan muzaki baru yang mengalami peningkatan, sebelumnya hanya 650 muzaki, pada tahun 2021 meningkat menjadi 4652 perorangan dengan perolehan zakat Rp.12.334.528.316. Jumlah tersebut merupakan peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun nyatanya jumlah tersebut masih belum mencapai potensi zakat DIY. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan yang kemdian menghasilkan data deskriptif. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasannya Strategi Fundrasing Zakat, Infak dan sedekah di BAZNAS DIY dilaksankan dengan baik. Penerapan strategi fundraising di BAZNAS DIY menggunkan 2 metode strategi, yaitu metode langsung (direct) dan metode tidak langsung (indirect) dengan mengembangkan media baik secara luar jaringan (online) maupun dalam jaringan (offline) di kedua metode yang digunakan. Adapun hasil perhitungan IFAS dan EFAS BAZNAS DIY berada pada kuadran I dimana posisi tersebut menguntungkan, rekomendasi strateginya adalah mengoptimalkan pelayanan prima dan merawat muzaki, serta meningkatkan kegiatan fundraising via online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Munif Solikhan, MPA.
Uncontrolled Keywords: Strategi Fundraising, BAZNAS DIY, Zakat
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Sep 2023 15:45
Last Modified: 08 Sep 2023 15:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60225

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum