MANAJEMEN PELAYANAN PROGRAM SERTIFIKASI HALAL GRATIS UNTUK USAHA MIKRO KECIL PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022

Annisa Jamiliah, NIM.: 19102040082 (2023) MANAJEMEN PELAYANAN PROGRAM SERTIFIKASI HALAL GRATIS UNTUK USAHA MIKRO KECIL PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAYANAN PROGRAM SERTIFIKASI HALAL GRATIS UNTUK USAHA MIKRO KECIL PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022)
19102040082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN PROGRAM SERTIFIKASI HALAL GRATIS UNTUK USAHA MIKRO KECIL PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022)
19102040082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama yang meluncurkan program Sertifikasi Halal Gratis untuk seluruh pemilik Usaha Mikro Kecil yang ada di Indonesia. Program ini melakukan kolaborasi dengan sejumlah lembaga kementerian yang ada di setiap daerah provinsi atau kabupaten di Indonesia. Bentuk kolaborasi yang dilakukan salah satunya adalah dengan lembaga BAZNAS Kota Yogyakarta, dari pernyataan inilah peneliti tertarik untuk membahas Manajemen Pelayanan yang diberikan oleh BAZNAS Kota Yogyakarta dalam program Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa rangkaian kata-kata tertulis atau dari orangorang dan perilaku yang diamati. Metode penelitian ini menggunakan metode lapangan atau Field Research, yaitu penelitian yang dilakukan dilapangan secara langsung ditempat objek penelitian. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian pada uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan 2 model teknik Triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelayanan yang diberikan oleh BAZNAS Kota Yogyakarta pada program SEHATI, telah sesuai dengan teori manajemen pelayanan milik Ratminto dan Atik Septi Winarsih. Manajemen pelayanan tersebut berupa proses atau tahapan manajemen pelayanan yang dilakukan seperti Menyusun Rencana, Mengimplementasi Rencana, Mengkoordinasikan Kegiatan, dan Evaluasi Kegiatan. Kualitas dan kuantitas manajemen pelayanan yang diberikan juga sudah masuk pada ciri-ciri pelayanan yang baik, seperti adanya pegawai yang baik, terdapat sarana dan prasarana yang baik, pegawai yang bertanggung jawab, pelayanan yang cepat dan tepat, komunikasi yang jelas dan mudah dimengerti, adanya pegawai yang memiliki pengetahuan dan kemampuan yang bagus dan memadai, serta terdapat pegawai yang dapat memehami pengguna jasa layanan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Aris Risdiana, S.Sos.I., MM.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan, Sertifikasi Halal Gratis, Usaha Mikro Kecil, BAZNAS Kota Yogyakarta
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2023 09:00
Last Modified: 11 Sep 2023 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60231

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum