IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DI LA RAIBA TOUR & TRAVEL YOGYAKARTA TAHUN 2023

Yuninda Berliana Ali Masyitoh Alfalaq, NIM.: 19102040111 (2023) IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DI LA RAIBA TOUR & TRAVEL YOGYAKARTA TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DI LA RAIBA TOUR & TRAVEL YOGYAKARTA TAHUN 2023)
19102040111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DI LA RAIBA TOUR & TRAVEL YOGYAKARTA TAHUN 2023)
19102040111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh La Raiba Tour & Travel yang merupakan biro perjalanan haji dan umrah tentunya berusaha mempertahankan dan menguasai pasar sasarannya dengan melakukan kegiatan promosi guna menjaring calon jemaah. Biro ini memiliki daya tarik tersendiri daripada biro lainnya, yaitu menyelenggarakan usaha-usaha dibidang kepariwisataan dan memberikan pelayanan sesuai dengan tuntunan sunnah nabi (tidak adanya keraguan dalam aspek amanah dan profesional jemaah). La Raiba Tour & Travel mempunyai strategi bagus dalam menarik minat jemaah. Terbukti dengan sudah berdiri selama kurang lebih sembilan tahun, lembaga ini sangat berkembang pesat dalam memasarkan produknya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan cara koleksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Pada uji krebilitas menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa La Raiba Tour & Travel dalam kegiatan penerapan elemen 7p bauran pemasaran yang diantaranya yaitu (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process), dapat dikatakan bahwa pada strategi produk yang ditawarkan sudah sangat bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dari sisi harga yang ditetapkan sudah sesuai dengan regulasi Kementerian Agama dan juga disesuaikan dengan fasilitas yang didapatkan jemaah. Letak lokasi bangunan yang dipilih sudah sangat strategis karena berada di pinggir jalan raya tepatnya di Kota Yogyakarta. Kegiatan promosi yang dilakukan dengan melalui marketing-marketing sudah berjalan dengan baik sehingga memiliki cabang-cabang di luar Kota Yogyakarta. Sumber daya manusia yang ada sudah melakukan pelayanan sesuai dengan tugasnya dengan baik kepada jemaah. Bentuk sarana fisik yang tersedia sudah cukup lengkap sehingga jemaah merasa nyaman dengan fasilitas yang ada, dan yang terakhir dalam kegiatan proses mekanisme pendaftaran dan pembatalan yang dilakukan sudah berjalan dengan optimal sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maryono, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Haji dan Umrah, Biro La Raiba Tour & Travel Yogyakarta
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2023 11:44
Last Modified: 11 Sep 2023 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60238

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum