STRATEGI PROMOSI PADA PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (PPIU) PT NAHDLATUNA ZADUNA TAQWA CILACAP

Nalat Rufaidah, NIM.: 19102040112 (2023) STRATEGI PROMOSI PADA PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (PPIU) PT NAHDLATUNA ZADUNA TAQWA CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PROMOSI PADA PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (PPIU) PT NAHDLATUNA ZADUNA TAQWA CILACAP)
19102040112_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PROMOSI PADA PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (PPIU) PT NAHDLATUNA ZADUNA TAQWA CILACAP)
19102040112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena peminat ibadah umrah yang semakin tinggi dari tahun ke tahun. Tingginya permintaan umrah menyebabkan bisnis biro travel haji dan umrah semakin ramai diminati yang berdampak pada persaingan antar biro yang semakin ketat. Banyaknya penawaran harga murah dan iming-iming diskon, menjadikan tantangan tersendiri bagi PT Nahdlatuna Zaduna Taqwa Cilacap serta menuntut strategi promosi yang harus dipersiapkan secara matang agar dapat menarik minat jemaah secara maksimal. PT Nahdlatuna Zaduna Taqwa memiliki berbagai keunikan tersendiri dibandingkan biro lainnya, dimana hal ini menjadikan potensinya untuk memaksimalkan promosi kepada masayarakat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi promosi yang dilakukan di PT Nahdlatuna Zaduna Taqwa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk dapat mengembangkan aktivitas promosi agar tetap berjalan efektif PT Nahdlatuna Zaduna Taqwa menerapkan tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi promosi. Pada perencanaan promosi ditempuh dengan cara identifikasi target sasaran, menentukan tujuan promosi, merancang pesan, memilih saluran promosi, serta menetapkan anggaran promosi. Pada tahap implementasi promosi nya, menerapkan bauran alat promosi. Tahap terakhir evaluasi dilakukan dengan cara mengukur hasil promosi, serta mengelola proses komunikasi. Bauran alat promosi yang digunakan terdiri dari penjualan personal, periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, serta word of mouth. Penelitian ini juga menghasilkan temuan bahwa alat promosi yang sangat berpengaruh adalah melalui model promosi penjualan personal. Konsep penjualan personal yakni dengan melalui pertemuan langsung kepada jemaah, pemberdayaan para agen, serta melalui para tokoh agama sebagai mitra perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Bauran Promosi, Promosi Efektif
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2023 11:46
Last Modified: 11 Sep 2023 11:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60239

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum